Kawasan sepanjang jalan HOS. Cokroaminoto ini memang lebih dikenal sebagai daerahnya Pasar Klitikan, tapi taukah kamu, ternyata disini menyimpan salah satu tempat makan sate yang legendaris di Jogja lho. Bagi kamu penggemar sate khususnya sate kambing, pastinya kamu sudah tau tempat ini, dan bagi kamu yang belum tau, kamu wajib menyambangi tempat makan yang terkenal dengan sate kambingnya ini yaitu Sate Godril.

Lokasi Sate Godril

Warung makan yang sudah dirintis sejak tahun 1950 ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi para pecinta sate di Jogja. Rumah makan yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto no. 36 dan Jl. Godean KM 1 ini menyediakan berbagai olahan sate kambing, mulai dari sate kambing, sate buntel, tengkleng, gule, nasi goreng, aneka sup, tengkleng kambing, dan sate ayam ini buka mulai jam 10.00 siang ? 12.00 malam.

sumber foto : santapjogja.com
sumber foto : santapjogja.com

Satu menu yang patut dicoba disini adakah sate buntelnya. Kalau biasanya sate diolah dengan cara dipotong kecil-kecil dan ditusuk ke sate, berbeda dengan sate buntel. Sate buntel ini hanya dipotong menjadi satu potong daging yang agak besar dan di panggang seperti sate pada umumnya. Saat dihidangkan, sate buntel di sajikan dengan kecap, acar, potongan kubis dan bawang merah. Sepintas terlihat seperti steak kambing.

Rasa Sate Godril Yang Juara

Untuk rasanya jangan ditanya, tentu saja sajian khas sate godril ini punya rasa yang juara. Dagingnya tidak amis, empuk, bumbunya terasa. Saat masih dalam proses pembakaran saja aroma sedap sate buntel ini sudah tercium. Sate buntelnya benar-benar dibakar dalam waktu yang cukup lama, jadi kalau anda sudah benar-benar kelaparan, lebih baik anda membawa cemilan sebagai pengganjal. Saat dimakan, dagingnya sangat empuk, tidak terasa seperti daging kambing yang biasanya bertekstur agak alot. Daging kambing ini memiliki lebih banyak lemak dari sate kebanyakan. Jadi disarankan untuk memesan minuman hangat agar bisa sedikit menetralisir lemak yang menempel di dinding mulut anda saat menikmati sate kambing.

Untuk harganya sendiri standar dengan harga sate ditempat lain, meskipun sedikit agak lebih mahal, tapi ini sebanding dengan porsi dan rasanya yang didapat. Untuk satu porsi sate buntel, kamu cukup merogoh 22.000 rupiah, untuk menu-menu lain disini, semua range ?mulai dari 13.000 ? 22.000. Tempatnya lumayan luas, bisa menampung hingga 30an orang