Kekayaan dan keindahan alam yang dimiliki Gunungkidul sampai sekarang masih menjadi daya tarik utama wisata kabupaten terluas di Provinsi DIY ini. Karena itu tidak heran jika Gunungkidul menjadi incaran para pecinta wisata alam.

Salah satu wisata alam yang banyak tersebar di Gunungkidul adalah air terjun. Banyak sekali air terjun yang masih asri dan belum dikembangkan menjadi lokasi wisata. Contohnya Air Terjun Banyunibo yang dalam bahasa jawa berarti air yang jatuh. Meski memiliki kesamaan nama dengan air terjun banyunibo yang berada di Pajangan, Bantul, namun keduanya tidak ada kaitannya sama sekali.

Air Terjun Banyunibo berlokasi di Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Air terjun Banyunibo muncul setelah dikembangkannya desa wisata Bobung yang menjadikan air terjun Banyunibo satu dengan paket wisata yang ditawarkan desa wisata Bobung. Sejak saat itu lah akses menuju Air Terjun Banyunibo diperbaiki dan dibangun beberapa fasilitas untuk wisatawan.

Akses menuju lokasi air terjuna cukup mudah. Dari jalan utama penghubung Kota Yogyakarta dan Wonosari, setelah menaiki bukit patuk ikuti jalan sampai menemui papan petunjuk arah Desa Wisata Bobung. Setelah masuk arah desa Bobung, lanjutkan perjalanan sampai tiba di Dusun Batur. Dari sini perjalanan masuk melewati perkampungan penduduk hingga tiba di area parkir Air Terjun Banyunibo.

Sepanjang perjalanan dari area parkir menuju air terjun, wisatawan akan disuguhi pemandangan cantik terasering persawahan milik warga setempat. Sampai tiba di lokasi, aliran air terjun memang tidak terlalu besar dan deras, namun membentuk aliran yang indah.

Sama seperti air terjun kebanyakan, debit aliran air terjun akan mengalir lebih deras ketika musim penghujan. Saat musim kering, aliran air terjun banyunibo tidak mengering, akan tetapi debit air menurun drastis, sehingga kebanyakan pengunjung lebih senang mengunjungi air terjun ini saat musim penghujan.

Air Terjun Banyunibo

Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi

Tiket Masuk : Rp 3.000,-

Parkir Motor: Rp 2.000,-