Pemkab Gunungkidul meresmikan Desa Wisata Mojo sebagai desa wisata minat khusus pada tahun 2009. Lokasi desa wisata Mojo sendiri tepatnya berada di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Topografi desa wisata mojo yang memiliki banyak perbukitan kapur menjadikan desa ini istimewa dari lainnya. Terdapat tiga buah goa, yaitu Goa Sinden, Goa Gesing, dan Goa Jlamprong yang dimana tiga mulut goa tersebut terhubung satu sama lain sehingga menarik untuk dijadikan wisata susur goa dengan panjang lorong mencapai 500 meter.

Tak hanya itu, melihat potensi alam yang begitu besar berupa perbukitan karst atau batu kapur, penduduk sekitar pun mulai memanfaatkan kekayaan alam tersebut menjadi barang seni bernilai tinggi.

Dari tangan para pengrajin batu kapur inilah onggokan batu bisa menjadi barang-barang kerajinan untuk memperindah ruangan. Beberapa kerajinan yang dihasilkan antara lain patung, pot lampion, ornament, dan hiasan-hiasan ruangan lainnya. Pasar kerajinan batu karst ini pun tidak hanya sebatas domestic saja, namun sudah merambah ke pasar mancanegara seperti Amerika, Australis, Jepang, Korea Selatan hingga Eropa.

Fasilitas pendukung di desa wisata Mojo sudah cukup lengkap. Selain fasilitas umum seperti warung makan, kamar mandi, mushala, dan area parkir, Desa Wisata Mojo juga menyediakan homestay dan penginapan dengan harga terjangkau.

Akses menuju Desa Wisata Mojo sangat mudah. Disamping kondisi jalan yang sudah memadai, lokasinya pun tidak jauh dari jalan utama Jogja-Gunungkidul dan bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika masih bingung, peta desa wisata mojo sudah tersedia di Google Map memudahkan akses wisatawan.

Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta, Indonesia.