Gua Maria Tritis merupakan gua yang terletak di antara perbukitan gunung kapur yang dijadikan tempat ziarah umat Katholik. Adanya tempat peribadatan diantara gersangnya perbukitan karst ini seperti menjadi oase di tengah gurun pasir. Dinamakan Tritis karena adanya tetesan air yang selalu menetes di gua ini.

Awalnya gua ini dianggap sepi dan angker sehingga tidak banyak orang yang berani memasukinya. Karena itu gua ini dijadikan tempat pertapaan dan persinggahan oleh beberapa pangeran Kerajaan Mataram. Mulai dikenalnya gua ini di kalangan umat Katholik sekitar tahun 1974, yaitu saat digunakan sebagai tempat Ekaristi Natal. Sejak saat itu, nama gua ini diberi tambahan Maria menjadi Gua Maria Tritis yang menjadi tempat ziarah para umat Katholik. Keindahan stalagtit dan stalagmite semakin menambah kekhusyuan berdoa dan menjadi tempat perenungan indahnya ciptaan Tuhan.

Disini tidak terdapat banyak ornament, hanya patung Bunda Maria yang sedang berdoa dan sebuah salib besar serta beberapa deret bangku untuk berdoa. Sebelum memasuki Gua Maria Tritis, peziarah harus menyusuri jalan setapak membelah lading jati. Selama perjalanan, pengunjunga akan menemukan stasi-stasi yang berisikan diorama proses penyaliban Yesus.

Untuk menemukan lokasi Gua Maria Tritis tidak sulit. Lokasinya berada kurang lebih 50 KM arah dari Kota Yogyakarta arah Pantai Baron, tepatnya di Dusun Bulu, Kabupaten Gunung Kidul, Wonosari. Dari Yogyakarta – Wonosari; sampai simpang tiga Gading (dekat lapangan terbang landasan rumput) belok kanan menuju Playen – paliyan – Pasar Trowono – Singkil. Rute lain yang bisa ditempuh adalah melalui kota Wonosari ? jalur menuju pantai Baron. Sebelum pantai baron,ada pertigaan (terdapat papan penunjuk). Dari pertigaan ini belok ke kanan.

Peziarah pun dapat melanjutkan perjalanan dengan berwisata ke obyek-obyek wisata yang berdekatan dengan Gua Maria Tritis. Beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar Gua Maria Tritits antara lain pantai Baron, Kukup, Krakal, Ngobaran, Ngrenehan. Dan masih banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi.

SHARE
Previous articleGua Ngingrong
Next articleBukit Bintang Patuk