Pantai Drini merupakan salah satu pantai di deretan pantai selatan Gunungkidul yang banyak direkomendasikan di kalangan para wisatawan. Bagaimana tidak, dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang kebanyakan hanya berupa pasir putih, Pantai Drini memiliki karakter sedikit berbeda, yaitu dengan adanya pulau karang kecil yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Pantai Drini secara administrative berada di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Sepanjang dan Pantai Baron. Pantai Drini ini juga masih berada satu jalur dengan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup.

Selain adanya pulau karang yang cantik, Pantai Drini juga dikenal sebagai pantai dengan dua wajah. Di sebelah barat pantai akan terlihat perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan sehingga membuatnya terlihat sedikit kumuh. Sedangkan jika menengok ke sebelah timur, pemandangan cantik berupa pasir putih, ombak yang tenang, dan perbukitan hijau.

Dengan dua karakteristik berbeda inilah justru Pantai Drini banyak dikunjungi wisatawan. Setelah puas bermain di pantai, wisatawan bisa beristirahat di gazebo-gazebo sambil memesan minuman dan makanan yang tersedia di warung-warung pinggir pantai. Bahkan wisatawan bisa membeli hasil laut langsung dari nelayan dan bisa langsung dimasak di warung.

Dengan karakter ombaknya yang tenang, Pantai Drini cocok sebagai tempat berlibur anak-anak. Pasir putihnya yang lembut dan perairan dangkal dengan air laut yang jernih memudahkan wisatawan bisa melihat kehidupan bawah air dengan mata telanjang.

Diantara pantai dan pulau karang terdapat sungai kecil yang bisa disebrangi tanpa menggunakan perahu. Wisatawan bisa menaiki pulau karang melalui tangga beton dan jalan bambu dengan retribusi 1000 rupiah/orang. Namun wisatawan juga harus jeli melihat kapan air laut pasang agar tidak terjebak di pulau karang.

Lokasi Pantai Drini berada di sebelah Pantai Baron. Jarak yang ditempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 60 km yang memakan waktu kurang lebih 2-3 jam menggunakan kendaraan bermotor. Akses menuju Pantai Drini sudah cukup bagus dengan adanya jalan aspal menuju pantai. Fasilitas parkir juga cukup luas untuk menampung bus-bus pariwisata berukuran besar.