Bagi wisatawan yang ingin mencari pantai indah, masih sepi, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta, Pantai Watugupit bisa menjadi pilihan.

Jika dilihat dari peta, Pantai Watugupit masih dalam deretan Pantai Parangtritis dan Pantai Parang Endog. Namun karena lokasinya yang terpisah oleh tebing tinggi, perjalanan menuju kesini pun tidak semudah ke Pantai Parang Endog yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari Pantai Parangtritis.

Lokasi Pantai Watugupit berada di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju kesini, dari jalan utama Parangtritis terus ke arah Gunungkidul. Akan ada beberapa tanjakan curam sehingga pengemudi diharapkan untuk sangat berhati-hati. Sampai di tebing Watugupit perjalanan dilanjutkan ke Pantai Watugupit dengan melewati jalan yang cukup curam.

Usaha menuju Pantai Watugupit akan sebanding dengan hasilnya yang didapat. Sampai disini, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih, deburan ombak, angin sepoi-sepoi dan birunya air laut. Namun, karena fasilitas yang masih minim, wisatawan bisa menyiapkan perbekalan seperti makanan, minuman, dan obat-obatan sendiri.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan kendaraan umum dari Kota Yogyakarta menuju terminal bus kota Gunung kidul. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju desa Girijati hingga sampai di lokasi Wisata Pantai Watugupit di Purwosari, Gunung Kidul.