Menjelajah deretan pantai-pantai selatan di Gunungkidul memang tidak pernah habis. Selalu saja ada hal baru yang membuat sebuah pantai menarik banyak wisatawan. Dari semua pantai yang ada di Gunungkidul, sebagian besar memiliki garis pantai yang cukup panjang. Namun siapa sangka, diantara pantai-pantai tersebut terselip satu pantai mungil yang eksotis, Pantai Slili.

Pantai Slili menyempil diantara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang dipisahkan oleh dua bukit. Dijuluki pantai mungil karena pantai ini memiliki garis pantai yang tidak lebih dari 100 meter. Namun jangan salah, meski mungil, fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai terlebih dengan warung-warung gazebo yang menjual berbagai makanan laut dan kelapa muda yang menjadi incaran wisatawan.

Pantai Slili menjadi pilihan bagi mereka yang ingin bermain di pantai yang tidak terlalu ramai. Selain itu, disini juga menyediakan jasa snorkeling lengkap dengan alat dan pemandunya.

Puas main air, wisatawan bisa naik ke bukit yang memisahkan Pantai Slili dan Pantai Sadranan semabri menikmati keindahan alam Gunungkidul dan sepoi-sepoi angin laut. Dari atas bukit akan terlihat deretan pantai-pantai pasir Gunungkidul, lautan biru yang terhampar luas, dan perbukitan hijau di pinggir pantai. Namun wisatawan disarankan untuk berhati-hati karena kurangnya pengamanan di atas bukit.

Beberapa fasilitas pantai yang tersedia untuk wisatawan antara lain warung yang menyediakan makanan ringan maupun makan berat, tempat untuk bersih-bersih seperti kamar mandi dan toilet. Terdapat pula gazebo, tempat duduk untuk bersantai di pinggir pantai, dan penginapan bagi wisatawan yang ingin merasakan bagaimana rasanya bermalam di Pantai Slili.

Pantai Slili terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Akses menuju Pantai Slili sudah tergolong bagus dan sangat nyaman dilalui kendaraan. Dari Kota Yogyakarta ambil arah menuju Wonosari kemudian berlanjut menuju Pantai Baron sampai menemukan loket pembayaran untuk masuk ke Pantai Baron. Dari tempat pembayaran tiket, belok kiri menuju arah Pantai Kukup. Perjalanan ini searah dengan Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Ngandong dan Pantai Krakal. Di pertigaan Pantai Krakal kemudian belok kanan atau mengikuti petunjuk palang menuju Pantai Slili. Letak Pantai Slili tak jauh dari Pantai Krakal tepatnya sebelah barat Pantai Sadranan.

SHARE
Previous articlePantai Watugupit
Next articlePantai Jungwok