Pesona wisata alam di Gunungkidul memang membuat kita tidak pernah berhenti berdecak kagum. Apalagi jika kita menelusuri deretan pantai pasir putih Gunungkidul. Karena itu tidak heran jika wisata pantai merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Gunungkidul. Dari sekian banyak wisata pantai yang ada, yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir para wisatawan adalah Pantai Watu Lumbung.

Pantai Watu Lumbung berlokasi di Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya berada di sebelah barat Pantai Wediombo atau sebelah timur Gunung Batur. Berbeda dengan pantai kebanyakan, Pantai Watu Lumbung bisa dikategorikan sebagai pantai karang.

Ciri khas Pantai Watu Lumbung bisa dilihat dari dua bongkahan batu karang besar yang berada di tengah pantai. Konon katanya, pantai karang yang agak menjorok ke tengah laut ini merupakan hasil dari letusan gunung api jutaan tahun yang lalu.

Paling tepat untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan langsung turun ke bawah sambil trekking menyusuri karang-karang. Terkadang akan terlihat beberapa hewan laut dan ikan-ikan kecil yang terjebak di antara karang. Seperti pantai karang kebanyakan, lokasi ini cukup strategis untuk memancing. Jadi jangan kaget kalau menemui beberapa orang yang sedang asyik memancing.

Ada dua rute yang bisa diambil untuk menuju Pantai Watu Lumbung. Pertama, dari Yogyakarta menuju Wonosari – Balong – Pantai Watu Lumbung. Rute kedua Yogyakarta ? Wonosari – Semanu – pertigaan pasar jepitu. Kemudian ambil kanan menuju Pantai Wediombo. Sesampai di tempat parkir, kita melanjutkan perjalan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang melewati hutan. Disarankan untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri karena belum adanya fasilitas umum di pantai ini.

SHARE
Previous articlePantai Jungwok
Next articlePantai Seruni