Pantai seruni berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul dan merupakan pantai kedua setelah Pantai Pok Tunggal yang dikembangkan oleh masyarakat Tepus. Sesuai namanya yang berarti Emas, Pantai Seruni merupakan salah satu tempat dimana masyarakat Tepus mencari rezeki.

Pantai Seruni memiliki daya tarik utama berupa hamparan pasir putih dan air terjun yang jatuh dari tebing pinggir pantai. Namun untuk menyaksikan pemandangan air terjun tersebut, pengunjung disarankan datang pada saat musim hujan saat debit air cukup banyak dan deras.

Kondisi Pantai Seruni masih sepi dan bersih karena masih belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan pantai ini. Meski begitu, fasilitas seperti kamar mandi, warung makan, dan area parkir sudah memadai meskipun masih minim.

Pada saat pasang, ombak Pantai Seruni cukup besar dan memenuhi sebagian area pasir pantai ini. pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di pantai karena cukup berbahaya. Pengunjung yang datang biasanya hanya bermain-main di pinggir pantai sembari menikmati keindahan Pantai Seruni dan berfoto ria.

Karena bersebelahan dengan Pantai Pok Tunggal, rute menuju kesini pun sama dengan rute menuju Pok Tunggal. Dari pusat Yogyakarta, Pantai Seruni berjarak sekitar 70 km atau kurang lebih bisa ditempuh selama dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sekitar setengah kilometer sebelum pantai akan menemui jalan tanah berbatu, ke arah kanan adalah Pantai Pok Tunggal, sedangkan arah kiri menuju Pantai Seruni. Dari sini sudah terlihat pemandangan laut dari kejauhan.

SHARE
Previous articlePantai Watu Lumbung
Next articleWater Byur Ponjong