Mangut lele Mbah Marto, lele asap yang dimasak dengan santan berbumbu ini akan mengingatkan bagaimana sederhana dan hangatnya Yogyakarta. Mangut sendiri adalah masakan khas jawa yang dibuat dengan santan serta berbagai macam bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, jahe, dan lengkuas yang dihaluskan. Sedangkan lelenya dimasak dengan cara dibakar di atas bilah-bilah bambu.

Bumbu mangut dimasak di atas panci yang bawahnya sudah menghitam karena dimasak menggunakan tungku dan kayu bakar. Setelah matang, mangut lele dihidangkan di atas amben (balai-balai) bambu yang ada di dapur (pawon). Para pembeli dipersilahkan untuk mengambil nasi dan lauknya sendiri. Seporsi mangut lele dihargai Rp 20.000. Selain mangut lele, disini juga ada gudeg, krecek, opor ayam kampung, garang asem dan lainnya yang bisa menjadi pilihan para pembeli.

Mbah Marto sendiri sudah berjualan mangut lele dan lauk lainnya sejak tahun 1960-an. Dulunya beliau menjajakan dagangannya menggunakan tenggok (bakul bambu besar) di kawasan Pasar Beringharjo. Namun, pada tahun 1989, beliau memutuskan untuk membuka warung di rumahnya di Dusun Nggeneg, Sewon, Bantul. Meski begitu, orang-orang rela datang jauh-jauh kesini untuk menikmati kelezatan mangut lele buatannya.

Warung Mangut Lele Mbah Marto bisa dibilang open kitchen. Pembeli bisa langsung melihat pembuatan mangut lele dan lauk lainnya. Pengolahan makanan disini pun masih sangat tradisional yaitu menggunakan tungku dan kayu bakar. Pembeli bisa menikmati makanan langsung di dapur, atau jika tidak ingin kepanasan dan terkena asap, bisa memilih di ruang tengah, ruang tamu, atau teras rumah Mbah Marto. Seperti makan di rumah nenek sendiri bukan?

Lokasi Mangut Lele Mbah Marto terbilang jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Meski begitu, bagi pecinta kuliner tentu jarak bukanlah halangan untuk bisa mencicipi lezatnya mangut lele simbah ini. Rute menuju lokasi warung bisa diambil dari Jalan Parangtritis lurus terus melewati perempatan Ring Road sampai menemukan Kantor Pos Sewon sebelah kiri jalan, kemudian ambil kanan ke Jalan Ali Maksum, Ikuti Jalan Ali Maksum dan masuk ke Gang Nyi Ageng Serang ada papan nama Mangut Lele Mbah Marto.

SHARE
Previous articleBakmi Mbah Mo
Next articleSambel Welut Pak Sabar