Dibandingkan dengan Kota Yogyakarta, kuliner di Bantul memang lebih cenderung ke kuliner tradisional, misalnya bakmi jawa, sate klathak, dan tentu saja ayam ingkung. Di Bantul sendiri ada sebuah kecamatan yang terkenal dengan sentra ayam ingkungnya, yaitu Pajangan.

Jika ditempuh dari pusat kota, butuh waktu sekitar 10 ? 20 menit, atau sekitar 12 km dari Kota Yogyakarta. Di Pajangan sendiri terdapat beberapa warung ayam ingkung, salah satu yang paling direkomendasikan adalah Ingkung Warung nDeso yang merupakan pelopor warung ayam ingkung di Guwosari, Pajangan.

Kunci lezatnya ayam ingkung disini adalah bumbu areh yang digunakan sebagai pendamping ayam. Selain itu disini juga tidak menggunakan bahan pengawet dan penguat rasa. Ditambah dengan ayam kampung sebagai bahan baku olahan ayam sehingga lebih nikmat dan sehat.

Ayam ingkung sangat pas disajikan dengan nasi gurih atau nasi uduk. Jangan lupa dengan menu-menu pendamping lainnya seperti aneka sambal, gudeg manggar (gudeg dari bunga kelapa), tumis daun papaya, tumis kangkung, ikan wader, dan tentu saja kuah areh yang manis dan gurih.

Harga ingkung tergantung dengan ukuran ayam. Harga ayam ingkung utuh dibandrol mulai Rp 90.000 ? Rp 120.000, sedangkan untuk ayam ingkung potongan misal dada dihargai Rp 22.000. Ada pula menu pendamping mulai harga Rp 2.500 ? Rp 15.000.

Ruang makan didesain sederhana dan njawani dengan bangunan terbuat dari bambu. Pengunjung bisa memilih tempat duduk lesehan maupun meja-kursi. Di tengah bangunan terdapat kolam ikan yang menambah sejuk pemandangan sekitar.

Ingkung Warung nDeso buka mulai pukul delapan pagi. Akan tetapi biasanya setelah jam makan siang, banyak menu yang sudah sold out. Sebab itu, jika ingin mencicipi semua makanan disini disarankan datang sebelum jam makan siang atau sekitar jam 10-11 siang.

Menuju lokasi Ingkung Warung nDeso bisa ditempuh dari Jalan Bantul lurus ke selatan melewati Ring Road sampai bertemu dengan Masjid Agung Bantul belok kanan sampai bertemu tikungan ambil kiri dan ikuti jalan. Nanti akan bertemu perempatan ambil arah kanan, sesudah jembatan belok kiri dan akan menemukan baliho Warung nDeso.