Wisata di sekitar lereng Merapi memang memiliki daya tarik tersendiri. Pemandangan gagahnya Merapi dan sejuknya udara khas pegunung menjadi alasan utama banyak wisatawan yang mengunjungi wisata-wisata yang ada di lereng Merapi, Sleman. Hal ini tentu saja mendorong para pengusaha di sektor pariwisata untuk semakin mengembangkan pariwisata di kabupaten Sleman, khususnya di daerah sekitar lereng Merapi, Bukit Klangon contohnya.

Bukit Klangon Merapi mengusung wisata gardu pandang sebagai konsep utamanya. Akan tetapi, berbeda dengan wisata-wisata yang memiliki konsep sama, pemandangan gardu pandang di Bukit Klangon mengambil kegagahan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Terlihat dari gardu pandang pemandangan Gunung merapi yang terlihat besar, gagah, dan mengagumkan.

Selain terkenal dengan gardu pandangany, Bukit Klangon juga dikenal sebagai salah satu lokasi Downhill terbaik di Yogyakarta. Di tempat ini, dikembangkan lintasan sirkuti downhill bagi para pembalap sepeda gunung (MTB). Bahkan di beberapa kali kesempatan, Bukit Klangon turut menyelenggarakan event kejuaran sepeda baik tingkat regional maupun nasional.

Menuju Bukit Klangon Merapi, wisatawan bisa memulai dari Jalan Kaliurang lurus ke utara sampai bertemu pertigaan untuk menuju merapi Golf atau The Lost Worldd Castle kemudian ambil kanan lurus ke timur. Sampai ada pertigaan, ambil kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Bukit Klangon. Bukit Klangon ini letaknya hanya sekitar 2 km dari The Lost World Castle.