Jika ditelisik lebih jauh, ternyata hidangan khas Jogja tidak hanya Gudeg saja. Ada beberapa kuliner tradisional lainnya yang patut untuk dicoba, salah satunya adalah Brongkos. Brongkos sendiri merupakan olahan yang berbahan dasar kacang tolo, telur, tahu, dan tetelan yang kemudian di masak dengan santann dan dibumbui aneka rempah. Sama seperti rawon, warna coklat pekat pada Brongkos didapat dari Kluwak. Salah satu warung brongkos legenda di Jogja adalah Warung Brongkos Handayani yang terletak di komplek Alun-alun Kidul sehingga dikenal juga dengan Brongkos Alkid.

Warung Brongkos Handayani dirintis oleh pasangan Adijo dan Saridjem sejak tahun 1960-an dan hingga kini keberadaannya diteruskan oleh anak-anaknya. Warung ini menyediakan dua piluhan brongkos, yaitu brongkos telur dan brongkos koyor. Untuk pemesanan satu porsi brongkos koyor, maka pengunjung akan mendapatkan satu mangkuk brongkos berisi daging sapid an koyor/gajih sapu beserta satu piring nasi. Sedangkan untuk menu brongkos telur, maka nasi dan sayur brongkos langsung disajikan dalam satu piring nasi.

Brongkos Handayani menggunakan bermacam aneka rempah untuk memasak rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, daun salam, dan kluwak. Rasa brongkos terasa sangat gurih karena menggunakan santan dan kaldu dari rebusan daging sapi.

Selain menjual Brongkos, warung ini juga menyediakan nasi pecel dan soto, serta es campur yang cita rasanya tidak pernah berubah sejak dulu. Dalam seporsi pecel handayani terdapat bayam, daun keningkir, tauge, dan kacang panjang sebagai isianya yang disiram dengan sambal kacang yang terasa pedas manis. Sedangkan dalam segelas Es campur berisikan tape singkong, kelapa muda, dan kemudian disiram dengan santan dan gula. Rasanya segar, manisnya pas, dan terasa sedikit gurih dari santan.

Harga makanan di Warung Brongkos Handayani cukup terjangkau. Satu porsi brongkos koyor dihargai Rp 20.000, brongkos telur Rp 11.000, pecel Rp 10.000 ribu, soto ayam Rp 12.000, dan es campurnya Rp 6000. Setiap harinya warung ini buka dari jam 07.00 pagi hingga 04.00 sore.