Mungkin ungkapan semakin mblusuk semakin dicari cocok untuk kuliner-kuliner legenda yang ada di Jogja, contohnya saja Warung Empal Bu Warno. Meskipun lokasinya ada di Pasar Beringharjo yang berada di pusat Kota Yogyakarta, tapi tetep saja pembeli harus blusukan ke tengah pasar untuk mencicipi kuliner rumahan ini.

Sego empal atau nasi empal merupakan masakan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu. Pemilihan daging sapi merupakan hal yang penting karena tidak semua jenis daging bisa dimasak menjadi empal yang enak. Di warung Bu Warno sendiri, daging sapi yang digunakan adalah daging bagian pangkal betis dan paha saja. Daging pada kedua bagian tersebut dianggap paling cocok untuk diolah menjadi empal karena tidak banyak mengandung lemak. Disamping itu, proses pemasakan empal pun berpengauh pada kualitas rasa. Untuk mendapatkan daging empal yang gurih dan empuk, empal dimasak menggunakan kayu bakar dan rempah-rempah alami, kemudian daging direbus selama 5 jam, dibacem (diberi bumbu) dan didiamkan selama 10 ? 12 jam, baru setelah itu digoreng dan disajikan.

Warung sego empal Bu Warno lokasinya berada di tengah-tengah Pasar Beringharjo, tepatnya di los timur lantai dua yang memang diperuntukan sebagai food court. Meski tidak semodern food court-food court yang ada di seputara Kota Jogja, keberadaan food court cukup ramai karena biasa menjadi tempat persinggahan untuk beristirahat para pembeli yang lelah setelah berputar-putar Pasar Beringharjo.

Menu andalan warung ini adalah sego empal yang disajikan bersama sambal korek dan lalapan. Saat digigit, daging empal terasa lembut dengan serat-seratnya yang mudah hancur. Rasa gurih langsung mengeruak di dalam mulut. Untuk menambah rasa pedas, empal bisa dicocolkan dengan sambal korek, atau sambal petis jika ingin mendapatkan rasa yang agak manis. Petis disini terlihat seperti saus pasta kental berwarna hitam yang terbuat dari kaldu sapi. Rasanya manis, gurih, agak asin, dan memiliki aroma daging yang khas.

Selain empal daging dan baceman/ratengan jeroan, Warung Empal Bu Warno juga menyediakan menu lain seperti abon sapi/ayam, keripik paru, keripik ceker, kerupuk kulit atau rambak, sayur lodeh, sayur asem, kikil, koyor, es asem, dan wedang secang.

Warung Ratengan / Sego Empal Bu Warno Yogyakarta

Buka: 08.00 ? 16.00 WIB

Lokasi: Lantai 2, Los Timur, Pasar Beringharjo ? Yogyakarta