Senin, 19 Maret 2018 kemarin baru saja berlangsung Grand Final Lomba Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) tingkat DIY 2018. Dilaksanakan di Panggung Terbuka Pantai Baron, Gunung Kidul. Langit biru, cuaca cerah dengan angin pantainya benar-benar pas saat itu.

Sebelumnya lomba pokdarwis sendiri melibatkan 3 peserta untuk setiap kabupaten. Kemudian disaring hingga terpilih 6 kelompok yang maju ke babak grandfinal. Umbul Gede, Hargo Mukti, Karang Tengah, Kampung Santan, Tlatar Seneng dan Baron Indah adalah kelompok yang menjadi peserta grand final Lomba Pokdarwis 2018

Rangkaian Acara terdiri dari ramah tamah/sambutan, hiburan dari penampil local, Yel-yel pokdarwis dengan keunikan lirik, gerak sampai kostum, kemudian penjurian hingga pengumuman dan pembagian hadiah lomba.

Selepas dhuhur, Juri memberikan 2 pertanyaan untuk setiap pokdarwis. Pertanyaan diberikan oleh 7 juri yang dipilih secara acak. Pertanyaan yang disampaikan secara umum bertujuan untuk mengetahui apa saja yang sudah dilakukan pokdarwis selama ini kemudian kaitannya dengan butir-butir sapta wisata pesona : Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan. Kemudian pertanyaan berikutnya diberikan secara rebutan.

Setiap peserta menjawab dengan antusias yang luarbiasa. Kemudian tambahan pertanyaan dibuat dengan system yang berbeda yaitu rebutan untuk menambah semangat peserta. Bapak Aris, Kepala Dinas Pariwisata DIY ikut urun dalam memberikan pertanyan rebutan. Ketika pertanyaan selesai diutarakan, kemudian Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta selaku MC akan menghitung 1 sampai 3 barulah peserta akan membunyikan bel unik mereka. Unik karena bel menggunkan alat yang dipukul seperti kentongan, gong kecil dan sebagainya.

Di Akhir Acara, juri mengumumkan Pemenang dalam grandfinal tersebut. Baron Indah adalah kelompok Sadar Wisata yang berhasil meraih Juara I tahun ini. Juri mengaku bahwa dalam penjurian ini banyak kekaguman dan menemukan berbagai temua-temuan dalam prosesnya.

Daftar Pemenang Lomba Pokdarwis Tingkat DIY 2018

1. Juara I – Pokdarwis Baron Indah–> Gunungkidul
2. Juara II – Pokdarwis Tlatar Seneng (Breksi)–> Sleman
3. Juara III – Pokdarwis Kampung Santan–> Bantul
4. Juara Harapan I – Pokdarwis Karang Tengah–> Bantul
5. Juara Harapan II – Pokdarwis Hargo Mukti–> Kulon Progo
6. Juara Harapan III – Pokdarwis Umbul Gede–> Kota Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here