Kawasan Gunung Sewu masuk dalam Global Geopark Network (GGN) sejak diresmikan oleh UNESCO pada 21 September 2015. Selain itu kawasan karst Gunung Sewu merupakan kawasan paling istimewa di Jawa.

Kawasan tersebut berbentuk conical hills, terdiri dari sekitar 40.000 bukit karst. Panjang kawasan ini mencapai 85 kilometer dengan luasan endapan gampingnya mencapai 1.300 kilometer persegi.

Membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Pacitan dengan total 33 situs (site). Kabupaten Gunungkidul memiliki 13 situs termasuk di dalamnya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Pada tahun keempat peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark, Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul akan menyelenggarakan Geopark Night Specta #4.

Gelaran ini akan diramaikan dengan penampilan jajaran artis daerah dan nasional. Peringatan tersebut telah menjadi agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Geopark Night Specta tahun ini akan digelar pada :

Tanggal                       : Jumat, 19 Juli 2019

Jam                             : 19:00 WIB

Tempat                        : Panggung Terbuka Nglanggeran

Dimeriahkan oleh    :

  • Yogyakarta Simphony Orkestra
  • Erix Soekamti (vokalis Endang Soekamti)
  • Gaseng Om Wawes (vokalis Om Wawes)
  • Nuvi Wardana
  • Nanda Candra

Yuk datang lebih awal, supaya kalian bisa menikmati senja dari Nglanggeran. Jangan lupa bawa jaket ya. Sampai jumpa. (san/dna)

Gunung Api Purba Nglanggeran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here