Foto : twitter.com

Apakah anda pecinta makanan pedas? Nah, jika iya jangan sampai anda melewatkan kuliner dengan rasa super pedas menyambar lidah ini. Namanya Enthok Slenget Kang Tanir. Memang warung ini tidak seperti resto kebanyakan yang besar dan mewah. Dari depan bangunan warung terlihat sederhana terbuat dari bambu. Namun jangan salah, rasa dari sajian Enthok Slengetnya akan membuat anda ketagihan.

Buat anda yang penasaran mengapa dinamakan slenget, jadi Slenget berasal dari bahasa Jawa yang berarti menyambar. Nama ini jelas cocok karena memang Enthok Slenget Kang Tanir terkenal dengan rasanya yang super pedas. Warung enthok ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Mungkin ada dari anda yang masih merasa asing dengan istilah enthok. Enthok adalah hewan yang masuk dalam kategori unggas di kawasan air tawar, seperti halnya bebek, angsa, ayam, flamingo, pelikan, dan sejenisnya.

Di sini anda juga boleh melihat langsung proses memasak enthok slenget. Salah satu alasan kenapa rasa Enthok Slenget Kang Tanir ini nendang adalah cara memasaknya yang masih menggunakan tungku api tradisional. Di bagian meja dapur anda akan melihat potongan daging enthok berbentuk dadu yang sebelumnya sudah direbus. Ini salah satu ciri khas Enthok Slenget Pak Tanir.

Jika kebanyakan sajian enthok terasa keras dan alot, lain halnya dengan Enthok Slenget Pak Tanir ini. Dagingnya mudah digigit dan sama sekali tidak amis. Cara memasak enthok ini cukup sederhana, setelah wajan panas, kemudian potongan daging enthok dimasukkan dalam wajan bersama bumbu dan sedikit air. Tak lupa cabe yang menjadi kunci utama dari sajian enthok ini juga dimasukkan.

Satu porsi Enthok Slenget Kang Tanir disajikan dalam sebuah piring bersama nasi hangat. Dilengkapi dengan potongan kubis dan timun segar. Kuahnya yang kental dan super pedas berpadu dengan gurihnya daging enthok menciptakan sensasi rasa yang sangat nendang di lidah. Anda akan merasakan after taste berupa slenget rasa pedas yang sulit hilang, di sinilah sensasi yang harus anda coba.

Tak perlu khawatir jika anda tidak menyukai rasa pedas, karena di sini anda bebas untuk pesan dengan jumlah cabe sesuai selera anda. Tersedia dua jenis menu utama yaitu rica-rica enthok dan balungan enthok. Apalagi jika disantap bersama keluarga dekat, sudah terbayang kan sangat nikmat? Tak perlu khawatir juga soal harga. Anda bisa menikmati masakan super pedas ini mulai dari harga Rp 20.000 saja sudah termasuk dengan minum satu gelas teh yang manis dan hangat.

Penasaran ingin mencoba? Untuk berkunjung ke sini anda perlu menembus jarak yang cukup panjang dari Kota Jogja. Warung makan ini berlokasi di Jalan Pakem-Turi, Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 21 km dari Kota Jogja. Tapi dijamin, jarak yang anda tempuh akan sebanding dengan cita rasa Enthok Slenget Kang Tanir yang sangat nylenget di lidah dan perut anda.

Warung Enthok Slenget Kang Tanir ini buka setiap hari mulai pukul 16.30 WIB. Jika anda ingin berkunjung ke sini, sangat disarankan untuk datang lebih awal. Karena semakin malam kuliner satu ini bukannya semakin sepi namun justru semakin penuh dan antri. Bisa-bisa anda akan kehabisan jika kemalaman karena biasanya setelah pukul 19.00 di bagian depan warung sudah dipasang tanda kalau enthok slenget sudah habis. Tentu anda tidak mau sampai kelewatan, bukan?