Foto : explorewisata.com

Alam Kulon Progo memang terkenal indah dengan dominasi pegunungan yang hijau di bagian utara dan pantai di bagian selatan. Keduanya menawarkan eksotisme yang luar biasa. Puncak Canting Mas Puncak Dipowono adalah salah satu bukti bahwa Kulon Progo memang layak disebut surga wisata alam di Yogyakarta. Penasaran dengan tempat wisata yang satu ini? Canting Mas Puncak Dipowono terletak di Dusun Clapar, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Dari arah pusat Kota Jogja kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Jogja-Wates, ikuti terus jalan hingga bertemu dengan patung Nyi Ageng Serang yang jadi ikon Kota Wates. Dari Patung Nyi Ageng Serang ambil arah ke kanan menuju alun-alun Wates, lalu lanjutkan ke arah Waduk Sermo. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Kalibiru, hingga sampai ke pertigaan yang paling atas. Di sana kamu akan menemukan petunjuk arah ke Canting Mas Puncak Dipowono.

Spot Foto Instagenik

Canting Mas sangat pas buat kamu yang menggemari fotografi. Di sini tersedia beragam spot foto instagenik yang dijamin membuat feed instagram kamu makin cantik. Canting Mas ini dalam perjalanannya pernah vakum beberapa saat dan baru dibuka kembali pada akhir tahun 2019. Canting Mas kembali hadir dengan wajah yang lebih fresh dengan adanya spot wisata baru. Spot baru tersebut antara lain spot kaca, spot perahu, spot Y, dan spot Sangkar. Untuk bisa berfoto di spot ini tidak ada tarif khusus, kamu bisa membayar dengan seikhlasnya. Kalau ingin hasil foto yang bagus kamu bisa juga meminta jasa foto yang siap jadi hanya dengan membayar Rp 4000,- saja untuk satu lembar foto.

Hamparan Pemandangan Alam dari Ketinggian

Canting Mas menawarkan pemandangan alam indah yang bisa dinikmati di ketinggian. Tempat wisata ini berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Di puncaknya terdapat gardu pandang yang memiliki view 360 derajat. Pemandangan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo yang mempesona menjadi suguhan utama di puncak Canting Mas Puncak Dipowono ini. Belum lagi udaranya yang segar dan hembusan angin sepoi-sepoi membuat kawasan terasa nyaman. Kalau kamu pemburu sunrise, tempat ini harus kamu datangi karena kalau cuaca cerah matahari terbit akan terlihat jelas dari puncak. Di sore hari sunset yang syahdu pun juga bisa kamu nikmati di sini. Tentu tak boleh kamu lewatkan.

Sejarah Singkat Canting Mas Puncak Dipowono

Nama Canting Mas dipilih bukan karena tanpa alasan. Konon di sana terdapat pusaka milik Nyi Roro Kidul berupa Canting Mas dan Tampah mas. Melengkapi cerita itu, ada cerita lain berkaitan dengan perang antara Bandung Bondowoso dan Prabu Boko. Konon Bandung Bondowoso berencana untuk menggelar wayang di sebuah gunung di dekat Pegunungan Menoreh, namun ketika sedang dalam perjalanan menuju lokasi Bandung Bondowoso dan rombongannya dihadang oleh Prabu Boko, dan semua pengiku Bandung Bondowoso habis dimakan oleh Prabu Boko. Peristiwa itu menyebabkan beberapa benda yang direncakan akan dipakai di pewayangan tertinggal. Salah satu yang tertinggal adalah dupa, oleh karena itu kawasan ini juga disebut Canting Mas Puncak Dipowono.

Fasilitas

Dengan kembali dibukanya pada akhir 2019 Canting Mas menawarkan fasilitas yang semakin lengkap. Kamar mandi, mushola, gazebo, area parkir, warung makanan, dan penginapan juga tersedia. Kamu tidak perlu khawatir kehilangan sinyal karena di sini sudah ada wifi. Sangat lengkap bukan? Pastikan sebelum kesini kamu sudah menyerviskan kendaraanmu dulu ya. Karena jalannya cukup berkelok dan naik turun. Kalau kamu ingin mencoba sensasi yang berbeda bisa banget menyewa jeep yang disediakan mulai dari waduk Sermo. Jeep ini menawarkan sebuah rangkaian trip tidak hanya di Canting Mas saja namun juga termasuk Kalibiru, Waduk Sermo, Goa Kiskendo, dan tempat wisata lain yang lokasinya tak jauh dari Canting Mas. Dengan naik jeep kamu bisa menikmati suasana pegunungan yang sejuk dan melihat pemandangan alam yang indah di kanan dan kiri jalan.

Tiket masuk yang murah

Untuk masuk ke wisata ini kamu hanya perlu membayar Rp 5000, – saja untuk tiket masuk dan biaya parkir Rp 2000,-