Foto : @joeluluk

Jogja tidak pernah bosan menciptakan tempat wisata. Hampir setiap bulan, akan ada grup wisata baru untuk menarik wisatawan ke kota Goode ini. Tidak hanya di kota Jogja saja, kawasan sekitarnya juga menjadi tempat wisata yang keren.

Di Gunungkidul disebut Gua Pindul, Gua Kaliusci dan Gua Jomblang, itu belum termasuk pantai yang fantastis. Jalur lainnya juga memiliki destinasi wisata menarik yaitu Tebing Gunung Gajah yang semakin tersohor dengan keindahan alamnya.

Setiap daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta sedang dipilah, sehingga nama berbagai tempat wisatanya sama seperti saat ini. Di antara sekian banyak tempat wisata di Yogyakarta, ada pula yang berada di Kabupaten Kulonprogo.

Kulon Progo yang mana kabupaten di Jogja yang tengah mengembangkan potensi wisata. Meliputi baik itu wisata alam maupun wisata spot selfie. Salah satunya saat ini yang menjadi perbincangan banyak traveller ialah destinasi Tebing Gunung Gajah.

Kawasan ini memang telah memperkenalkan banyak objek wisata yang telah terbukti berhasil memukau para wisatawan. Seperti destinasi wisata Waduk Selmo juga Waduk Calibiru. Namun pada tahun 2017, Kulonprogo kembali memperkenalkan sebuah destinasi wisata bernama Tebing Gunung Gajah.

Daya tarik Tebing Gunung Gajah yang mempesona para wisatawan ialah karena berada di ketinggian sekitar 900 meter. Luas areanya sendiri hanya sekitar 2 hektar. Meski masih tergolong tempat wisata baru, harus diakui tempat wisata ini sangat istimewa karena memiliki daya tarik tersendiri.

Berikut ini adalah tempat wisata tersebut dengan beberapa tempat foto yang sama seperti berbagai tempat wisata lainnya di Yogyakarta. Seperti destinasi di Kulonprogo ini yang juga menawarkan banyak daya tarik yang unik. Ada berbagai macam spot foto, yang paling terkenal adalah spot foto berbentuk bulan sabit.

Letaknya di dataran tinggi, dengan view pemandangan perbukitan dan menoreh yang hijau, dan terdapat Waduk Sermo di tengahnya. Selain spot fotonya kemudian juga terdapat spot foto love lock, sky bar, dan fancy termasuk wahana outbound selain dari beberapa spot fotografi dengan tema tertentu.

Objek wisata Tebing Gunung Gajah ini juga dilengkapi dengan permainan yang menantang. Ada rubah terbang dan puncak pohon di wahana. Puncak pohon itu sendiri merupakan kendaraan berupa rel yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lainnya.

Trek ini terdiri dari tali dan papan kayu, jumlahnya ada 10 dan kemiringannya sekitar 45 hingga 60 derajat. Soal keamanan Anda tidak perlu khawatir lagi karena peralatan yang telah disediakan kendaraan ini sangat cocok dan dilakukan dengan ditemani oleh seorang pelatih yang terlatih.

Udaranya sangat sejuk layaknya resor wisata dataran tinggi, udara di tempat ini juga sangat dingin, meski seringkali sangat dingin. Udara yang sejuk berpadu dengan pemandangan alam sekitar yang indah merupakan kombinasi yang tepat untuk menenangkan pikiran yang penat.

Wisata alam di sepanjang goa Tebing Gunung Gajah juga memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi gua. Mengenai aktivitas ini, Anda bisa menggunakan layanan guide yang sudah disediakan di sana. Lokasi Tebing Gunung Gayakulong Progo Tebing Gunung Gajah terletak di Dusun Tegaring II di Desa Hargotirto, Kabupaten Kulonprogo Kecamatan Kokap.

Padahal objek wisata ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Kulonprogo sendiri dan Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah. Biro Pariwisata Xiangshan juga berada di jalur wisata Borobudur, jadi tidak sulit untuk mengetahuinya. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan rutenya, Anda dapat menggunakan Google Maps dan ikuti instruksinya.

Lebih baik lagi jika menggunakan mobil pribadi untuk menuju kesana. Jika belum silahkan sewa motor vario di jogja terlebih dahulu agar bisa menjangkau lokasi dengan lebih mudah. Jika ternyata Anda ingin pergi dengan sekelompok orang, Anda dapat memilih untuk menyewa mobil.

Fasilitas di Tebing Gunung Jagga Selain banyak spot fotografi dan berbagai fasilitas rekreasi, Tebing Gunung Gajah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. Tempat parkir luas Tempat beribadah prasmanan Kamar kecil Internet nirkabel gratis.

Tempat baterai isi ulang gratis Layanan fotografi Harga tiket tebing Gunung Gaya Jika ingin menikmati keindahan dan fasilitas atau wahana permainan di tempat wisata ini harus membayar terlebih dahulu. Perkiraan biaya yang harus Anda bayarkan ialah berkisar dari 5 – 50 ribu di semua wahana.

Sekian ulasan mengenai 5 fakta unik destinasi wisata Tebing Gunung Gajah di Kulonprogo yang asri dan sejuk. Pastinya dengan nuansa alam yang mendalam, liburan Anda akan semakin menyenangkan serta berkesan.