Foto : @angelia_mariska

Angkringan adalah salah satu tempat kuliner di Yogyakarta yang sangat terkenal. Umumnya, warung makan ini identik dengan karakteristik khasnya ialah memakai gerobak kecil dan tenda.

Tetapi, tidak semua angkringan di Jogja mempunyai desain semacam itu. Ada pula yang membuka usaha ini dengan tampilan luar biasa keren.

Tempat yang satu ini begitu populer sebab menggunakan rumah Jawa sebagai zona makan. Perihal ini pasti jadi energi tarik tertentu untuk turis yang tiba. Terlebih lagi, perpaduan antara atmosfer klasik – modern membuat Angkringan Pendopo Ndalem terus menjadi keren.

Terletak di dekat Kraton Yogyakarta

Angkringan ini terletak di dekat Kraton Yogyakarta. Tepatnya di Jalur Sompilan No 12, Ngasem Yogyakarta. Buat jam buka, tempat ini mulai melayani pelanggan semenjak jam 18. 000 Wib sampai 00. 00 Wib. Bila bernazar ke situ, jangan kurang ingat buat mengantre ya. Sebab Angkringan ini tidak pernah hening alias senantiasa ramai.

Bernuansa kerajaan

Atmosfer di dalam Angkringan Pendopo Ndalem sangat unik. Wisatawan dapat merasakan makan malam dengan nuansa kerajaan. Tidak hanya memakai rumah Jawa, desain di dalam angkringan ini pula terbuat mirip dengan Kraton Yogyakarta. Saking bagusnya, tempat makan tersebut juga pernah dijadikan lokasi syuting film Bumi Manusia.

Sediakan jajanan khas Jogja

Semacam angkringan pada biasanya, Angkringan ini juga menyajikan bermacam menu yang lezat. Mulai dari nasi kucing, sampai aneka sate – satean. Tidak hanya itu, bermacam jajanan tradisional khas pula dapat ditemui di angkringan ini. Semacam kue kipo, semar mendem, clorot, sampai jadah manten.

Santapan yang disediakan memanglah tidak jauh berbeda dengan angkringan mayoritas. Wisatawan juga pula dapat langsung memilah aneka rupa santapan yang telah diletakkan di meja panjang. Ada sebagian opsi nasi dalam dimensi mini. Semacam nasi teri, oseng tempe dan nasi bandeng. Sedangkan lauknya mulai dari sate ayam, sate ati ampela, gorengan sangat khas dengan cita rasa suatu angkringan.

Perbandingan malah terletak pada jajanan ataupun snack yang pula ikut dihidangkan. Angkringan Pendopo nDalem secara tidak berubah – ubah menyajikan aneka jajanan pasar menggugah selera yang telah tidak sering ditemui ataupun apalagi tidak diketahui lagi oleh generasi muda. Untuk wisatawan yang belum sempat mencicipi jajanan pasar ini pastinya hendak jadi salah satu pengalaman baru mencicipi kuliner nusantara. Jajanan pasar yang ada pula terbilang komplit begitu nampak menurun hingga pegawai dengan sigap meningkatkannya lagi.

Memiliki minuman unik

Buat urusan minuman, tempat ini menyajikan bermacam – macam minuman hangat. Minuman ini diberi nama yang unik dan ikonik semacam Wedang Bledug, Wedang Gajah, Laser. Ada pula teh rempah ataupun bajigur.

Nah buat favoritnya wisatawan umumnya hendak memilah Wedang Bledug yang adalah kombinasi dari bermacam rempah semacam sereh, jahe, cengkeh dan gula jawa. Jangan kurang ingat buat mengaduk terlebih dulu saat sebelum meminumnya sebab gula jawa yang digunakan tidaklah gula jawa cair melainkan bongkahan gula jawa yang kadangkala masih tertinggal di dasar gelas.

Harga terjangkau

Walaupun terkategori mempunyai tempat yang elegan, harga bermacam santapan dan minuman di Angkringan Pendopo Ndalem senantiasa ramah di kantong alias murah meriah. Ialah mulai Rp1. 000 sampai Rp 12.000 saja. Tidak hanya itu, bermacam paket hemat makan dan minum pula ikut disediakan di situ.

Tempat Unik

Tidak hanya itu, nilai plus yang lain melancong kuliner di angkringan pendopo ndalem ini merupakan tempatnya yang unik. Walaupun Angkringan cuma memakai bagian depan rumah saja tetapi wisatawan senantiasa dapat merasakan atmosfer etnik sambil menikmati sajian makan malam.

Terlebih rumah bergaya arsitektur jawa klasik ini memanglah masih terpelihara baik. Arca Loro Blonyo dan pendar sinar kuning yang berasal dari lampu klasik langsung menyongsong. Kesan etnik inilah yang setelah itu sebagian kali pula diabadikan wisatawan di sela – sela menikmati sajian santapan mereka.

Demikianlah informasi terkait Angkringan Pendopo Ndalem. Bila Anda tertarik buat menjajal kuliner Jogja, silakan kunjungi tempat yang ikonik ini. Jangan hingga Anda kelewatan yah.