Pada tanggal 1 Maret 2016, Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan kegiatan FGD yang membahas mengenai Perencanaan Program/Kegiatan APBD TA. 2017 unutk sektor Pariwisata. Pelaksanaan FGD yang diselenggarakan di Hotel Gallery Prawirotaman, mengundang seluruh stakeholder pariwisata, khususnya mitra Dinas Parwiisata DIY, dan Pemerintah Daerah di Kab/Kota yang berasal dari BAPPEDA dan SKPD yang terkait dengan kegiatan sektor pariwisata

Narasumber yang hadir berasal dari Komisi B DPRD dan Kepala Bidang Perekonomian BAPPEDA DIY. Tujuan dari penyelenggaraan FGD ini sebagai sarana untuk mengumpulkan aspirasi dan saran serta masukkan yang dapat digunakan dalam menyusun Program/Kegiatan APBD Tahun 2017 Dinas Parwiisata DIY.

Pelaksanaan FGD tersebut dilakukan sebelum dilaksanakannya kegiatan Musrenbang tingkat Provinsi, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2016. Aspirasi dan usulan kegiatan banyak disuarakan dari kalangan Pemerintah Kabupaten/Kota dan juga dari para stakeholder pariwisata. Usulan pembangunan destinasi wisata masih menjadi usulan yang paling disuarakan pada penyelenggaraan FGD Perencanaan pada tanggal 1 Maret 2016.