Satu lagi tempat wisata yang sedang hits di bantul yogyakarta. Tempat wisata ini bernama puncak menwa tembelan.?Lokasi wisata puncak menwa tembelan berada di sebelah timur obyek wisata kebun buah mangunan.?Untuk mencapai lokasi wisata puncak menwa tembelan kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.
Ada dua rute jalan yang mudah untuk menuju puncak menwa tembelan dari yogyakarta.
Rute pertama : dari terminal giwangan – jl imogiri timur ikuti jalan terus sampai di pasar imogiri, belok kiri arah makam raja-raja imogiri, ada pertigaan belok kanan arah hutan pinus mangunan, sampa di pertigaan mangunan ambil kanan arah kebun buah mangunan, ikuti jalan terus sampai ada petunjuk bertuliskan jurang tembelan.
Rute kedua : dari kota yogyakarta – jl imogiri barat ikuti jalan terus sampai di pasar barongan, belok kiri arah makam raja-raja imogiri, ada pertigaan belok kanan arah hutan pinus mangunan, sampai di pertigaan mangunan ambil kanan arah kebun buah mangunan, ikuti jalan terus sampai ada petunjuk bertuliskan jurang tembelan.
Di lokasi wisata puncak menwa tembelan kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam seperti berada di negeri diatas awan. Dengan menaiki gardu pandang yang terbuat dari susunan bambu kita bisa melihat indahnya hamparan perbukitan yang hijau dan aliran sungai oya. Gardu pandang ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto. Dengan latar background pemandangan alam, menjadikan tempat ini lokasi yang pas untuk berselfie bagi para pengunjung. Tempat ini juga sangat cocok sekali untuk melihat indahnya sunrise dipagi hari.