Foto : mytrip123.com

Salah satu pantai yang tidak boleh anda lewatkan ketika sedang tour de Gunung Kidul adalah Pantai Ngandong. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Indrayanti. Bila dibandingkan dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, pantai Ngandong memang belum begitu terkenal. Tapi begitu anda sampai di pantai ini anda akan dibuat takjub pada pemandangannya yang super eksotis. Birunya air laut yang sangat jernih dan masih sangat bersih siap menyambut anda.

Ombaknya yang tak begitu besar dengan garis pantai yang cukup luas pasti semakin membuat mata anda terbelalak kagum dan terpesona. Di sudut pantai yang lain akan anda temui perahu-perahu nelayan yang berderet rapi dengan desain yang cantik warna-warni. Sangat pas untuk anda jadikan obyek buat pecinta hobi fotografi. Pantai ini masih relatif sepi di hari biasa, sehingga ketika anda ke sana selain musim liburan anda akan merasakan sensasi seakan memiliki pantai pribadi.

Pantai ini terbilang unik karena seakan diapit oleh dua bukit batu karst di bagian kanan dan kirinya. Bukit karst yang cantik dan berwarna hijau membuat pemandangan semakin indah dan sangat instagrammable. Jika anda penasaran dengan bukit karst tersebut, tenang, karena pengunjung bisa menaiki bukit karst ketika cuaca cerah. Dari atas bukit karst anda bisa melihat pantai dan lautan lepas secara lebih jelas. Anda harus berhati-hati untuk menjaga keselamatan karena bukit ini cukup tinggi dan curam.

Pantai Ngandong menjadi salah satu pantai yang memiliki spot sunset yang cantik di Gunung Kidul. Hal ini karena pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, hanya sedikit menjorok ke arah barat. Sangat pas jika anda mengunjunginya menjelang senja tentunya mengajak orang tersayang. Selain sebagai salah satu spot menikmati sunset yang cantik, Pantai Ngandong juga memiliki daya tarik lain yaitu Cemara Udang. Pohon cemara udang yang tumbuh subur sangat cocok untuk digunakan sebagai spot foto dan tempat berteduh setelah puas beraktivitas di tepi pantai.

Buat anda yang ingin berkeliling pantai, anda bisa menyewa perahu yang disediakan nelayan. Pemandangan pantai yang asri dan alami dapat anda nikmati lebih dekat dengan perahu. Untuk menyewa perahu anda hanya perlu membayar Rp 50.000, – tanpa dibatasi waktu, jadi dijamin anda bisa bermain perahu sampai benar-benar puas.Walaupun aman dan dikemudikan oleh nelayan yang berpengalaman tapi anda harus selalu hati-hati ya. Nah, jika anda penasaran dengan kehidupan bawah lautnya anda bisa mencoba snorkeling.

Tenang, di pantai ini menyediakan perlengkapan snorkeling yang bisa anda sewa dengan harga yang terjangkau. Selain baju khusus snorkeling, anda juga bisa menyewa kamera khusus snorkeling. Biaya yang dipatok hanya Rp 50.000, – saja, tentu anda tidak ingin sampai melewatkannya, bukan? Kalau anda termasuk yang punya adrenalin tingkat tinggi, sangat direkomendasikan untuk mencoba jetsky. Memang untuk menyewa jestsky biayanya cukup mahal, tapi dijamin akan sebanding dengan pengalaman luar biasa dan sangat menguji adrenalin yang akan anda dapatkan.

Walaupun belum dikenal oleh banyak orang, namun fasilitas di pantai ini sudah termasuk sangat lengkap. Tersedia toilet umum, warung makan, area parkir yang luas, dan penginapan. Jika menginap, sebaiknya anda harus bangun pagi lalu keluar menuju pantai agar tidak ketinggalan menikmati matahari terbit.

Pantai Ngandong terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Dari arah pusat Kota Jogja anda bisa berjalan menuju ke arah selatan sampai ke Piyungan, dari Piyungan lanjutkan perjalanan ke arah Pathuk, hingga sampai di pertigaan Lanud Gading, kemudian belok ke kanan menuju Playen dan Paliyan, ikuti jalan menuju pantai Baron hingga anda menemukan papan petunjuk Pantai Ngandong sebelum Pantai Baron. Membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk menuju ke Pantai Ngandong. Harga untuk masuk ke pantai ini masih sangat murah, hanya berkisar Rp 10.000,- saja. Ini sudah termasuk tiket masuk untuk mengeksplor pantai-pantai lain yang berada di sekitar Pantai Ngandong. Sangat murah, bukan?