Foto : jogjainside.com

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta dan berencana untuk berwisata ke pantai pasti yang langsung terlintas di benak anda adalah pantai di Gunung Kidul. Anda tidak salah, karena memang Gunung Kidul memiliki panorama pantai yang sudah tidak diragukan. Tapi ada baiknya anda mencari informasi pantai di luar Gunung Kidul.

Terdapat pantai yang tak kalah menariknya dengan pantai di Gunung Kidul. Salah satu yang layak anda coba kunjungi adalah Pantai Pengklik di Kabupaten Bantul. Pantai ini menawarkan pesona hamparan pasir pantai, nuansa alam yang hijau, dan tentunya spot foto menarik yang tak boleh ketinggalan. Sangat cocok untuk melepas penat dari tugas kuliah ataupun tumpukan pekerjaan.

Pantai Pengklik adalah kawasan pantai yang dibentuk dengan laguna yang memecah aliran Sungai Opak dan Sungai Samas. Lokasinya berada di timur Pantai Samas. Dari pusat Kota Jogja anda bisa berjalan menuju ke selatan tepatnya ke arah Jalan Bantul, ikuti jalan terus hingga melewati pos retribusi Pantai Samas, lalu ambil Jalan Jalur Lintas Selatan hingga sampai di sisi timur sungai.

Pilih jalan kecil yang hanya bisa dilewati kendaraan motor dan mobil saja. Jarak tempuh dari pusat Kota Jogja sekitar 25 km. Tenang, akses menuju pantai ini sangat mudah dijangkau. Bahkan anda hanya akan memerlukan waktu kurang dari satu jam jika tidak terjebak kemacetan.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul keluarga. Anda juga tidak perlu khawatir ketika ingin membawa serta buah hati anda. Di sini terdapat berbagai fasilitas yang ramah untuk keluarga seperti permainan anak-anak dan tempat untuk duduk bercengkrama. Toilet umum dan mushola umum juga tersedia. Sebenarnya anda bisa datang ke sini setiap waktu. Namun waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung adalah sore hari.

Di sore hari anda dan keluarga bisa melihat indahnya sunset dengan semilir angin pantai. Salah satu hal yang tidak boleh anda dan keluarga lewatkan ketika sudah sampai di sini adalah mencoba untuk berwisata kuliner. Terdapat beberapa rumah makan dengan konsep terapung di atas air. Anda bisa mencoba berbagai menu seafood seperti aneka ikan, cumi, dan udang.

Buat anda yang gemar berswafoto, Pantai Pengklik juga menyediakan spot swafoto yang unik. Jembatan dari bambu ini dibangun di atas jembatan bambu panjang yang menghubungkan Pantai Pengklik dengan Pantai Samas. Dari jembatan anda bisa melihat kawasan air yang terhampar luas.

Tapi meskipun aman anda tetap harus berhati-hati dan jangan lupa berpegangan ya! Jika anda tertarik untuk berswafoto di sini anda hanya perlu membayar Rp 5000 saja setiap orangnya. Anda bisa berswafoto sepuasnya dengan mencoba berbagai macam gaya. Dijamin feed instagram anda semakin keren!

Jika anda ingin menikmati suasana pantai lebih dekat dan lebih berkesan sangat disarankan untuk menyewa jasa perahu nelayan. Anda bisa mengarungi birunya air pantai yang tenang. Jarak yang ditempuh sejauh 2,5 km dengan pemandangan yang tentunya akan membuat anda takjub. Anda juga bisa memilih rute lebih panjang yang berjarak 7 km.

Rute panjang ini akan menghantarkan anda hingga ke Sungai Opak, tepatnya hingga jembatan Kretek Bantul. Biaya yang harus anda keluarkan juga sangat murah. Hanya Rp 10.000,- untuk jarak 1,5 KM dan Rp 20.000, – untuk jarak 7km. Anda juga bisa menyewa perahu sehari penuh dengan biaya Rp 500.000, – Tentu anda tidak ingin melewatkannya, bukan?

Di Pantai Pengklik anda juga bisa menikmati pemandangan dari hutan mangrove yang hijau hingga hamparan tambak udang. Kawasan Pantai Pengklik memang dijadikan sebagai kawasan konservasi tanaman mangrove. Jadi selain berwisata alam anda sekaligus berwisata edukasi.  Jika anda seorang mancing maniak, tempat ini harus anda coba karena sudah sering menjadi tujuan dari para pemancing. Lagunanya yang besar dengan suasana yang tenang dijamin membuat anda semakin betah berlama-lama memancing di sini. Banyak spot memancing yang rindang dan terkena semilir angin di sepanjang laguna Pengklik ini. Dijamin sepulang dari sini pikiran anda akan lebih fresh!