Foto : inews.id

Hutan Pinus Mangunan memang tempat paling pas untuk bersantai dan menenangkan diri dari penatnya rutinitas. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Akses menuju lokasi sudah sangat mudah karena jalanan sudah beraspal dan penerangan sudah cukup baik. Sebelum jadi destinasi wisata yang populer seperti sekarang, awalnya Hutan Pinus Mangunan adalah tanah yang tandus dan kering. Hingga lahan 500 Ha tersebut ditanamai aneka pepophonan seperti mahoni, akasia, merkusi, kayu putih, dan pinus. Pohon-pohon tersebut tumbuh subur dan dikembangkan jadi tempat wisata.

Kamu bisa kesini kapanpun karena memang tempat wisata ini dibuka setiap hari dan setiap waktu. Kamu bisa datang ketika pagi menyingsing menyambut udara pagi yang dingin dan segar, lengkap dengan embun yang bening. Atau bisa juga kamu datang ke sini ketika sore hari, menikmati suasana hutan yang syahdu dengan angin sepoi yang semilir membelai rambut. Dijamin kamu akan lupa dengan deadline tugas yang menumpuk atau tumpukan pekerjaan yang seakan tak ada jeda.

Di Hutan Pinus Mangunan tersedia dua gardu pandang. Gardu pandang pertama tidak terlalu tinggi, kamu bisa melihat kawasan Hutan Pinus Mangunan dari atas. Sedangkan gardu pandang kedua, lokasinya lebih tinggi dan terdiri dari dua lantai. Dari gardu kedua ini kamu bisa melihat sensasi melihat pemandangan alam hutan pinus dan kawasan sekitarnya yang hijau dan indah. Di atas angin begitu kencang membuatmu semakin rileks.

Spot Foto Terbaik

Buat kamu pecinta fotografi dijamin tempat wisata ini akan sangat memanjakan kamu. Hampir setiap sudut hutan pinus ini bisa dijadikan spot foto yang instagenic. Baik foto selfie ataupun foto berkonsep seperti pre wedding dan foto angkatan. Spot foto yang terkenal di sini antara lain panggung dan kursi kayu, spot segitiga akar, sarang burung, rumah pohon, spot tangan dewa, dan masih banyak lagi. Setelah lelah berkeliling dan hunting foto kamu bisa beristirahat di bangku-bangku kayu lucu yang disediakan.

Venue Event Unik

Hutan Pinus Mangunan ini sudah sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara. Panggung kayu yang unik dengan bangku-bangku kayu memanjang seperti amfiteater sangat cocok untuk mengadakan pagelaran seni. Ketika kamu ke sana dan kebetulan sedang tidak ada pagelaran, spot ini juga pas untuk dijadikan spot foto. Dijamin feeds instagram kamu makin kece!

Tiket Masuk

Pemandangan indah di Hutan Pinus Mangunan bisa kamu nikmati cukup dengan membayar tiket parkir sebesar Rp 3000,- untuk motor dan Rp 10.000, – untuk mobil. Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, area parkir yang luas, toilet, mushola, dan warung makanan. Lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan area outbond┬ádan kegiatan outing lainnya.