Foto : datawisata.com

Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang ramah keluarga. Kebun Binatang Gembira Loka adalah salah satu destinasi wisata ramah keluarga yang populer di Yogyakarta. Lokasinya berada tak jauh dari pusat kota tepatnya di Jalan Kebun Raya nomor 2, Kota Gedhe, Yogyakarta. Tak perlu khawatir jika anda dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi karena rute menuju ke kebun binatang ini dilalui kendaraan umum salah satunya Trans Jogja. Bila menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menuju k arah Ring Road Timur menuju Jalan Wonocatur, ikuti saja jalan hingga anda menemukan sebuah jembatan. Kebun Binatang Gembira Loka tepat berada di kiri jalan sebelum jembatan tersebut.

Mengenal Binatang Lebih Dekat

Begitu masuk ke dalam area kebun binatang kita akan diberi beberapa buku petunjuk agar tidak bingung karena memang kebun binatang ini sangat luas. Kebun Binatang Gembira Loka memiliki banyak sekali spot binatang. Di setiap spot binatang sudah tersedia papan yang berisi tentang informasi binatang, jadi tidak hanya sekadar melihat binatang yang menggemaskan tapi di sini kita juga akan mendapatkan banyak pengetahuan baru. Di antaranya ada spot ikan. Spot ini biasanya menjadi spot favorit anak-anak kecil. Terdapat dua spot ikan, yaitu spot ikan kecil dan spot ikan besar. Spot ikan besar di sini berupa ikan air tawar Arapaima yang ukurannya sangat besar. Berjalan lagi anda akan menemukan spot buaya-buaya yang sedang berdiam diri berjemur di bawah pepohonan yang rindang, begitu pula dengan kudanil yang sibuk berendam tak ingin kepanasan.

Jika anda pecinta ular makan tak boleh melewatkan spot ular piton yang seakan selalu terlihat tertidur. Jangan sesekali iseng mengganggunya ya. Binatang berkaki empat yang lucu seperti Kangguru, Rusa, dan Kancil bisa anda lihat berlarian di semak-semak. Anda bisa puas memandangai mereka. Spot Gajah juga tak ketinggalan untuk didatangi apalagi beberapa saat lalu ada induk gajah yang baru saja melahirkan, pasti lucu dan menggemaskan. Selain jenis binatang yang sudah disebutkan, masih banyak sekali jenis binatang lain di sini karena memang Gembira Loka adalah kebun binatang terbesar di Yogyakarta.

Atraksi Binatang

Tahukah anda jika binatang juga memiliki ketrampilan tertentu? Anda bisa melihat aksi mereka di panggung pertunjukan hewan yang bisa disaksikan setiap hari Sabtu, Minggu, serta hari libur lainnya. Jika anda tertarik untuk menyaksikannya pastikan anda menanyakan jadwal pertunjukkan kepada petugas ya karena bisa berbeda-beda. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah atraksi feeding time.

Berkeliling dengan Menaiki Binatang

Aktivitas ini dijamin seru dan cocok sekali dilakukan bersama keluarga tercinta. Anda bisa berkeliling kawasan kebun binatang dengan menaiki binatang tertentu seperti gajah dan unta. Tak peru takut karena akan ada petugas yang siap siaga menemani anda. Tarif untuk naik gajah dan unta terbilang terjangkau hanya dengan membayar Rp 10.000,- .

Arena Bermain Air

Tepat di tengah kebun binatang terdapat danau buatan yang cukup luas dan tersedia beragam wahana bermain air yang seru. Anda bisa bermain speed boat, menaiki perahu Katamaran, atau mencoba sepeda genjot air berbentuk bebek yang lucu untuk berkeliling danau. Di dekat danau terdapat pulai kecil yang jadi tempat tinggal merak dan angsa.

Foto Bersama Hewan

Di Kebun Binatang Gembira Loka binatang sudah bak artis yang memiliki banyak penggemar. Tak heran banyak pengunjung yang antre untuk bisa berfoto dengan binatang unik yang sudah dijinakkan. Ada iguana, kura-kura, burung, bahkan ular yang bisa dilingkarkan ke tubuh anda. Tenang, dijamin aman karena pawang masing-masing sudah siap siaga di samping mereka. Untuk foto bersama ular dipatok biaya Rp 15.000,- Sedangkan untuk berfoto bersama binatang lain anda perlu hanya membayar seikhlasnya dengan memasukkan uang ke kotak yang sudah disediakan.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke Kebun Binatang Gembira Loka dipatok Rp 30.000,- untuk weekdays dan Rp 35.000,- untuk weekend. Sangat sesuai dengan pemandangan menarik dan pengetahuan baru yang akan kita dapatkan. Buka setiap hari mulai pukul 07.30 sampai 17.30 WIB.