Foto : wisataoke.com

Wisata alam Jogja memang tidak pernah mengecewakan justru semakin membuat penasaran. Kalau kamu sedang liburan ke Kota Jogja boleh banget lhoh mengeksplor salah satu kabupatenn yang berada di sisi paling barat yaitu Kabupaten Kulon Progo. Kulon Progo terkenal dengan wisata alamnya yang masih alami. Salah satu yang cukup populer adalah Pule Payung. Tempat wisata ini mulai dibuka pada tahun 2017. Walaupun terbilang masih baru tapi jangan heran kalau Pule Payung sudah menarik hari wisatawan baik masyarakat Jogja maupun dari luar Jogja.

Lokasi

Wisata Pule Payung berlokasi di Suropati, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Dari arah Kota Jogja kamu bisa melewati Jalan Godean. Ikuti terus jalan sampai di Goa Kiskendo, lalu pilih jalan ke kiri hingga sampai di sebuah persimpangan setelah Gapura Air Terjun Kembang Soka. Ikuti jalan sampai ke arah Kalibiru. Nah sampai di Kalibiru kamu akan menemukan papan petunjuk untuk sampai ke Pule Payung. Jaraknya memang cukup jauh dari arah Kota Jogja namun kamu tak perlu khawatir karena akses jalan menuju ke sini sudah sangat mudah. Sangat disarankan untuk datang di saat cuaca cerah karena jalan menjadi licin dan rawan tergelincir ketika hujan.

Melihat Keindahan dari Ketinggian

Pule Payung menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang masih asri. Tempat wisata ini terletak di ketinggian sekitar 500 mdpl. Dari atas sini kamu bisa pemandangan cantik dari hamparan pepohonan yang hijau di Perbukitan Menoreh dan Kalibiru. Bahkan waduk sermo yang luas juga terlihat lebih mungil dari kejauhan. Apalagi menjelang sore hari semilir angin semakin menambah suasana menjadi rileks.

Spot Foto Instagenic

Salah satu keunggulan dari Pule Payung adalah spot fotonya yang beraneka ragam. Tak hanya instagenic namun juga menantang adrenalin. Beberapa spot foto tersebut antara lain, spot Sky Bike yang terbilang cukup ekstrim karena kamu bisa berfoto di atas sepeda yang menggantung. Lalu ada spot Sky Wing atau ayunan langit, spot ini tidak terlalu tinggi namun akan membawamu serasa berayun di antara Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Spot Lollipop adalah spot foto berbentuk bundar menyerupai lollipop dengan latar belakang pemandangan hijau. Yang menjadi favorit pengunjung adalah spot foto angkasa. Berupa space yang cukup luas lengkap dengan properti seperti meja dan kursi. Spot ini bahkan bisa menampung sampai 100 orang! Seru kan, cocok banget kalo kamu mau mengajak teman-temanmu buat berfoto ria di sini. Selain spot foto yang disebutkan di atas masih ada spot foto lain seperti spot Wolu, spot Jembatan Surga, dan spot Kursi Gantung yang tak kalah cantik.

Fasilitas Lengkap

Tak cuma menawarkan pemandangan alam yang indah dan spot foto yang instagenic, Pule Payung juga sangat cocok buat kamu yang suka kemping. Tersedia area outdoor untuk berbagai kegiatan seperti kemping, area outbond, flying fox, dan aktivitas outdoor lainnya. Tak heran kalau Pule Payung sering jadi langganan mahasiswa untuk menggelar kegiatan gathering ataupun malam keakraban. Fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap. Seperti toilet dan kamar mandi, mushola umum, area parkir yang luas, gazebo, pendopo, rumah makan, hingga penginapan.

Tiket Masuk Meriah

Harga tiket masuk ke Pule Payung sangat murah hanya Rp 5000,- saja setiap orangnya untuk hari biasa. Di akhir pekan akan dikenakan biaya dua kali lipatnya. Kalau kamu mau mencoba spot selfie yang ada kamu harus membayar mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-. Kamu bisa meminta jasa foto yang siap cetak dengan membayar Rp 3000,- untuk setiap lembar fotonya. Masih sangat terjangkau kan? Lokasi ini juga bisa jadi spot yang pas untuk mengekspresikan hobi fotografimu dengan membawa kamera sendiri, kamu hanya akan dikenakan biaya Rp10.000,- untuk satu kamera. Pule Payung buka dari pagi mulai pukul 08.00 sampai sore sekitar pukul 16.00 WIB. Buat kamu yang tak begitu suka dengan keramaian usahakan menghindari waktu akhir pekan untuk datang kesini karena dijamin pengunjung akan membludak dan tentunya kamu harus antre untuk mencoba setiap spotnya.