Foto : idntimes.com

Saat ini banyak desa di daerah Gunung Kidul yang dirintis sebagai desa wisata. Salah satu desa wisata yang sedang dikembangkan di Gunung Kidul adalah Desa Wisata Umbulharjo.  Desa Wisata Umbulharjo terletak di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. Kurang lebih berjarak 13 km dari dari pusat Kota Wonosari. Akses jalan menuju Desa Wisata Umbulharjo sudah cukup mudah diakses, jalanan sudah halus, dan bisa dilewati baik kendaraan bermotor maupun roda empat. Dari arah pusat Kota Yogyakarta anda bisa bergerak ke arah Jalan Wonosari melalui Piyungan, lalu berjalan menuju Patuk, lanjutkan lagi hingga bertemu dengan alun-alun Wonosari. Dari alun-alun ikuti jalan menuju ke arah Jalan Karangmojo. Sampai di pasar Karangmojo ambil jalan ke arah Ponjong hingga bertemu perempatan Warung Ayu Genjahan dan belok kiri menuju Desa Umbulharjo.

Desa Umbulharjo dibentuk menjadi sebuah desa wisata tentu bukan tanpa alasan. Desa ini memiliki banyak pesona keindahan khususnya potensi alamnya yang luar biasa. Di Desa Wisata Umbulharjo terdapat beberapa obyek wisata yang sangat bagus pengelolaannya oleh Pokdarwis sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Obyek wisata tersebut antara lain Waduk Beton Indah, Goa Cokro, Goa Gremeng, Goa Plalar, dan Bukit Mardeda Melikan.

Pilihan Wisata Goa

Terdapat beberapa wisata goa di Desa Umbulharjo, yaitu Goa Cokro, Goa Plalar, dan Goa Gremeng. Goa yang paling terkenal adalah Goa Cokro. Goa Cokro adalah goa yang berbentuk vertikal dan memiliki kedalaman sekitar 18 meter. Goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang masih aktif dan terbentuk secar alami. Inilah yang menjadi salah satu keunikan dan daya tarik Goa Cokro. Pada pukul 11 hingga 12 siang cahaya matahari akan menyerobot masuk ke dalam goa, peristiwa yang indah ini dikenal dengan cahaya surga. Goa Gremeng dan Plalar juga menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmitnya yang masih aktif. Goa-goa yang indah ini dikelola oleh Pokdarwis hingga bisa berkembang seperti saat ini.

Waduk Beton Indah

Waduk ini jadi salah satu primadona wisatawan ketika berkunjung ke Desa Wisata Umbulharjo. Pengunjung bisa melihat pemandangan waduk yang luas dan indah. Selain itu tempat ini juga menyediakan perlengkapan pemancingan dan warung makan. Pengunjung bisa memancing dan kemudian menikmati olahan ikan di warung makan yang ada. Fasilitas outbond juga sudah tersedia di sini dengan beragam pilihan aktivitas.

Bukit Mardeda Melikan

Bukit Mardeda adalah salah satu tempat wisata baru yang dirintis masyarakat di Dusun Wanglu. Menawarkan keindahan perbukitan yang cocok untuk melihat moment sunrise dan sunset yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas pendukung kegiatan wisata di Umbulharjo sudah cukup lengkap. Terdapat area parkir yang luas, toilet umum, mushola umum, gazebo, warung makan, hingga homestay. Pengunjung yang hendak mendatangi lokasi wisata yang cukup ekstrim seperti goa juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan keamanan susur gua dan diawasi oleh pemandu.