Foto : kartanesia.com

Jika berbicara soal wisata perbukitan yang indah pasti kita akan langsung tertuju pada daerah Kulon Progo atau Bantul karena memang dua kawasan itu menjadi surga perbukitan. Tapi jangan salah, sebenarnya ada wisata perbukitan yang tersembunyi di daerah Sleman yang bernama Bukit Klangon. Lokasi tepatnya berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Bukit Klangon berada di kaki Gunung Merapi tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata ini buka setiap hari tanpa batasan jam operasional sehingga anda bisa datang ke sini kapanpun. Tapi waktu yang disarankan untuk datang ke sini adalah pada pagi hari karena udaranya dijamin segar dan kita bisa melihat pemandangan pagi Gunung Merapi yang indah. Pada siang hari biasanya kabut sudah turun sehingga akan menghalangi pemandangan. Ketika berkunjung ke sini disarankan untuk memakai pakaian yang tebal agar tidak kedinginan.

Pesona Alam Merapi yang Indah

Di sini kita akan disuguhkan pemandangan luar biasa dari Gunung Merapi. Kita bisa melihat gunung berapi aktif ini dengan jarak yang begitu dekat. Kita tak perlu mendaki hingga puncaknya karena di Bukit Klangon ini kita sudah bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan cukup jelas. Di sini terdapat beberapa gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat eksotisme alam sekitar bukit. Gardu pandang ini juga biasa menjadi spot foto jadi jangan sampai anda melupakan kamera anda untuk berburu pemandangan yang instagenic.

Downhill Cycling

Bukit Klangon juga sangat direkomendasikan untuk anda yang menyukai wisata sedikit ekstrim. Pengelola telah menyediakan fasilitas sirkuit downhill. Anda bisa bersepeda menyusuri jalur yang disediakan. Jalurnya yang naik turun dan terdapat beberapa bagian yang terjal akan menguji adrenalin anda. Sirkuis downhill di sini diklaim sebagai yang terbaik di Yogyakarta. Tak heran kalau lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan even bersepeda.

Hill Tracking

Bukit Klangon masih berjarak sekitar 4 sampai 5 km dari Gunung Merapi namun lokasi ini sudah biasa dijadikan tempat untuk tracking dan mendaki yang ramah untuk pemula. Bahkan kita juga bisa menemui anak-anak yang mendaki ke Bukit Klangon ini. Sepanjang perjalanan mendaki kita akan disuguhi pemandangan Merapi yang megah dan jika beruntung kita akan bertemu dengan satwa-satwa hutan Merapi seperti burung kepodang, burung madu gunung, musang, hingga monyet. Kawasan sekitar Bukit Klangon memang dijadikan sebagai salah satu hutan konservasi di Yogyakarta.

Camping Arena

Jika anda ingin merasakan sensasi keindahan alam Bukit Klangon lebih lama anda bisa mencoba aktivitas kemping bersama teman-teman anda. Terdapat area khusus berkemah yang landai.

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati pemandangan Bukit Klangon yang indah pengunjung dikenakan biaya tarif masuk Rp 5000,- sedangkan untuk berkemah hanya dipatok biaya kebersihan sebesar Rp 10.000, – Fasilitas di wisata ini sudah cukup lengkap terdapat kamar mandi, mushola, gazebo, hingga warung makan.