Foto : blogkulo.com

Wisata pantai di Gunung Kidul tidak ada habisnya dijelajahi. Banyak pantai yang menawarkan pemandangan yang cantik dan segudang aktivitas. Pantai Siung salah satunya. Pantai yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan ini memang memiliki banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Dari berenang, menyusuri bibir pantai, naik bukit, hingga panjat tebing bisa dilakukan di Pantai Siung.

Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jarak 77 km dari kota Jogja, Pantai Siung dapat ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 jam. Jalanan menuju Pantai Siung terbilang agak susah, sebab pengunjung harus melewati jalan tanjakan dengan tikungan yang tajam dan beberapa jalan yang sempit. Namun, perjalanan yang berat akan terobati dengan indahnya Pantai Siung.

Ada yang unik dari penamaan Pantai Siung. Pantai Siung memiliki batu karang yang cukup tinggi di sisi barat dan timur pantai. Jika dilihat dari atas atau kejauhan, kedua tebing ini serupa dengan gigi kera atau disebut Siung Wanara, dalam bahasa Jawa. Dari sinilah nama Pantai Siung terbentuk.

Pemandangan Pantai Siung patut diacungi jempol. Pasir putih yang membentang, birunya air laut dan keindahan batu karang di kedua sisi, membuat hati pengunjung gembira. Ada segudang aktivitas yang bisa dilakukan di pantai yang cantik ini. Dari bermain air, berenang, bermain pasir, menjelajahi pantai hingga bersantai-santai. Tidak lupa untuk mengabadikannya dalam foto.

Pengunjung juga bisa menaiki bukit yang berada di sisi timur pantai. Namun harap berhati-hati, sebab jalan mendakinya cukup terjal dan berbatasan dengan jurang yang cukup dalam. Saat menaiki bukit, terkadang ada kera ekor panjang yang melintas. Ketika sampai di puncak, pengunjung dapat melihat pemandangan pantai yang membentang indah.

Pantai Siung memiliki batu karang raksasa yang tinggi menjulang, hal ini yang menjadi dasar seorang pecinta alam dari Jepang untuk melakukan olahraga ekstrem, panjat tebing. Lama kelamaan, banyak orang yang mencoba panjat tebing di pantai ini. Bahkan hingga saat ini, Pantai Siung memiliki 250 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Pantai ini juga menjadi lokasi dari acara ASEAN Climbing Gathering, dengan peserta dari dalam hingga luar negeri. Dan pada tahun 2005, Pantai Siung diresmikan menjadi salah satu lokasi panjat tebing di Jogja. Bahkan Pantai Siung mendapatkan gelar The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Karena cukup banyak pecinta alam yang ingin mencoba rock climbing ini, sebagian besar memilih untuk mendirikan tenda di sisi timur Pantai Siung. Biasanya, pecinta alam sudah membawa perlengkapan kemahnya masing-masing. Tidak hanya pecinta alam, wisatawan juga diperbolehkan untuk camping di Pantai Siung. Merasakan sensasi kemah di pinggir pantai. ditemani dengan angin laut yang bertiup dan langit malam yang penuh bintang.

Untuk memasuki kawasan Pantai Siung, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk tiket untuk Pantai Nglambor dan Pantai Jogan yang berdekatan dengan Pantai Siung. Untuk parkir kendaraan sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Fasilitas yang disediakan di Pantai Siung cukup lengkap. Ada area parkir motor dan mobil yang cukup luas, kamar mandi dan toilet, musholla dan warung makan untuk meredakan kelaparan.

Dengan segudang aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Siung, membuat wisata ini selalu ramai di akhir pekan. Pemandangan pantai yang indah dan tantangan untuk rock climbing, membuat Pantai Siung terkenal di kalangan wisatawan. Tertarik berkunjung?