Foto : liputan6.com

Bantul sudah dikenal sebagai Kabupaten yang memiliki beragam tempat wisata indah. Kalau kamu pecinta wisata alam khususnya wisata buah-buahan lokasi ini bisa jadi rekomendasi liburanmu. Namanya Kebun Buah Mangunan.Tempat wisata ini berjarak 35 km dari pusat Yogyakarta. Dibangun pada tahun 2003. Dari namanya sudah bisa ditebak jika tempat wisata ini menawarkan wisata di kebun buah. Tapi jangan salah, Kebun Buah Mangunan bukan hanya sekadar kebun buah biasa tetapi juga menawarkan aneka spot wisata yang dijamin tidak akan membuatmu kecewa. Lokasinya yang berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl menawarkan eksotisme pegunungan yang membuat decak kagum tiada henti. Dari atas kita bisa melihat kota Bantul dan sekitarnya, bahkan jika cuaca sedang cerah kamu bisa melihat Parang Tritis dari atas.

Menjemput Fajar dan Senja

Buat kamu yang malas bangun pagi pas liburan tunda dulu ya kebiasaanmu. Karena sayang banget untuk melewatkan pagi di Kebun Buah Mangunan. Di pagi hari kabut akan muncul dan menyelimuti hamparan pegunungan hijau dan Sungai Oya yang berada di bawah kawasan ini.Dijamin pemandangannya benar-benar luar biasa. Kamu akan dibawa layaknya sedang berada di atas awan sembari menunggu terbitnya mentari pagi dari ufuk timur. Jangan sampai kamu lupa mengabadikan moment indah ini dengan kamera ya, dijamin akan semakin mempercantik feeds instagram kamu. Tidak heran kalau Kebun Buah Mangunan sudah mulai dibuka untuk pengunjung pada pukul 04.30 pagi. Tapi jangan kaget ya walaupun masih Shubuh tetapi pengunjung yang datang biasanya sudah membludak apalagi di akhir pekan dan musim liburan.

Pemandangan di sore hari juga tidak kalah ajaibnya. Kamu bisa dengan jelas melihat deretan Pegunungan Sewu yang hijau dan kelokan Sungai Oyo yang begitu cantik membelah Pegunungan Sewu. Hembusan angin sore membuatmu makin santai dan lupa sejenak dengan rutinitas kerja yang tak ada habisnya. Lokasi ini pas banget untuk menikmati sunset. Jadi kamu tidak harus jauh-jauh ke pantai untuk bisa melihat sunset yang keren karena sunset di Kebun Buah Mangunan ini juga dijamin cantik dan syahdu.

Wisata Edukasi

Selain sebagai spot primadona untuk melihat sunset dan sunrise, Kebun Buah Mangunan juga menawarkan wisata edukasi. Pengunjung bisa melihat aneka jenis buah dan pepohonan di area kebun. Ketika musim panen tiba kita juga bisa mencicipi buah langsung dari pohonnya. Tak hanya mencicipi, pengunjung bisa membeli buahnya untuk dibawa pulang dengan harga yang tentunya lebih terjangkau. Ada beragam jenis buah di sini, seperti sawo, jambu, jeruk, rambutan, durian, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Selesai berfoto-foto kamu bisa duduk di gazebo yang sudah disediakan untuk sekadar beristirahat. Sangat cocok apabila kamu bersantai di gazebo ditemani kopi yang hangat di pagi hari. Waaaah nikmat sekali rasanya. Kebun Buah Mangunan sangat cocok untuk kegiatan kumpul-kumpul baik keluarga, teman sekolah, atau rekan kantor. Lokasi ini sudah jadi langganan mahasiswa untuk mengadakan kegiatan bersama seperti gathering dan malam keakraban. Tak heran jika di sini sudah dilengkapi balai pertemuan yang bisa disewa untuk mengadakan pertemuan khusus. Kamu juga bisa kemping karena pengelola sudah menyediakan area kemping yang luas lengkap dengan area kegiatan outbond yang dijamin seru. Fasilitas berupa kamar mandi, mushola, dan penginapan sudah banyak di bangun di kawasan ini jadi kamu tak perlu khawatir.

Tiket Masuk

Buat kamu yang ingin datang ke sini biaya yang harus kamu keluarkan adalah Rp 10.000, Рuntuk tiket masuk dan parkir. Kamu bisa datang setiap hari mulai pukul 04.30 sampai 18.00 WIB.  Untuk menuju ke sini aksesnya sudah cukup mudah. Dari arah pusat Kota Jogja menuju ke selatan ke arah Jalan Imogiri Timur mentok hingga menemui pertigaan. Daripertigaan ambil kiri dan menemukan pertigaan lagi yang ada papan petunjuk, lalu belok ke arah selatan, dan lurus ikuti jalan mengikuti papan petunjuk selanjutnya. Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik ya karena jalannya cukup berkelok dan terjal.