Foto : jogjaonstage.com

Pantai Gunungkidul tidak akan habisnya dijelajahi. Tiap pantai memiliki keunikannya masing-masing, termasuk Pantai Wediombo. Walaupun berada di ujung dan berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah, Pantai Wediombo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, penasaran dengan kolam laut alami Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo memang terletak paling jauh dibandingkan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Pantai ini terletak di Dusun Jepitu, Desa Girisubo, Kecamatan Pendowo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ditempuh dari pusat kota Jogja, akan memakan waktu 2,5 hingga 3 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 80 km. Ketika sesampainya di Pantai Wediombo, pengunjung perlu berjalan sekitar 200 meter dan menuruni anak tangga selama 10-15 menit. Namun, begitu tiba di Pantai Wediombo, rasa capai itu akan terlupakan dengan pemandangan yang indah.

Nama Wediombo ini diambil dari bahasa Jawa, “Wedi” artinya pasir, dan “Ombo” artinya luas. Sehingga, Pantai Wediombo diartikan sebagai pantai dengan hamparan pasir yang luas. Tidak hanya itu, Pantai Wediombo juga memiliki area yang lebih luas dibanding pantai lainnya di Gunungkidul. Sesuai namanya, sepanjang mata melihat, Pantai Wediombo memiliki pasir putih yang luas dan begitu cantik. Dan juga pemandangan Pantai Wediombo dipenuhi dengan gugusan batu karang yang kokoh.

Yang menjadi daya tarik dari Pantai Wediombo adalah adanya laguna atau kolam alami. Kolam alami ini tercipta dikarenakan adanya cekungan yang cukup besar antar gugusan batu karang. Air laut yang mengalir kemudian mengisi kolam alami ini. Karena berada di balik gugusan batu karang, air laut di kolam ini cukup tenang dan jernih. Tak hanya itu, kolam alami ini dikelilingi batu karang yang berbatasan langsung dengan laut. Sehingga ketika ada deburan ombak, batu karang akan memecah ombak dan menjadikannya lebih tenang.

Pengunjung diperbolehkan berenang di kolam alami ini, namun harap berhati-hati, sebab kedalaman kolam ini sekitar 1,5 meter. Sedangkan untuk berenang di Pantai Wediombonya sendiri, tidak diperbolehkan karena ombak pantai di sini cukup besar dan berbahaya. Pengunjung hanya diperkenankan untuk bermain air di pinggir atau bibir pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih.

Karena ombaknya yang besar, Pantai Wediombo jadi lokasi favorit untuk surfing. Bahkan tinggi ombak dapat mencapai 3 hingga 4 meter. Ombak di Pantai Wediombo dinilai besar namun cukup stabil, sehingga aktivitas berselancar atau surfing bisa dilakukan dengan pengawasan. Di sini juga menyediakan penyewaan papan selancar.

Selain berenang di kolam alami dan surfing, memancing juga menjadi aktivitas yang digemari di Pantai Wediombo. Jika ingin memancing, pengunjung bisa menuju bukit atau puncak karang untuk mendapatkan spot memancing yang terbaik. Cukup banyak warga lokal yang memancing di pantai ini. Jika beruntung, pengunjung dapat memancing ikan cucut, ikan panjo bahkan ikan kakap batu yang beratnya bisa mencapai 20 kg. Namun, untuk memancing ikan dibutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Jangan lupa ketika berkunjung ke Pantai Wediombo untuk mengabadikan momen-momen indah. Karena Pantai Wediombo menyediakan spot-spot menarik untuk ber-selfie ria. Foto dengan berlatarkan gugusan batu karang yang memecah ombak, bersantai-santai di pasir putih atau menyaksikan matahari yang terbenam. Salah satu spot sunset terbaik di Gunungkidul adalah di pantai ini, sebab Pantai Wediombo menghadap ke barat. Pada bulan-bulan tertentu, pengunjung dapat menyaksikan matahari yang terbenam secara horizontal.

Jika ingin menginap, ada beberapa penginapan yang dekat dengan Pantai Wediombo. Namun di pantai ini juga menyediakan area kemah bagi yang ingin berkemah. Dan tentunya, aktivitas berkemah ini juga digandrungi anak muda yang berkunjung ke Pantai Wediombo. Sebaiknya ketika berkemah membawa tenda sendiri, namun jika tidak, dapat menyewa tenda pada pengelola pantai.

Untuk harga tiket masuk Pantai Wediombo tergolong murah, hanya Rp5.000 untuk 1 orang. Dan biaya parkir Rp3.000 untuk kendaraan motor dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil. Sedangkan penyewaan papan selancar berkisar Rp100.000. Fasilitas yang ditawarkan di pantai ini cukup lengkap, dari area parkir yang luas, musholla, toilet, kamar mandi dan warung makan. Jadi, kapan bisa main ke Pantai Wediombo?