Destinasi wisata sungai yang memberikan sensasi luar biasa adalah Kedung Jati. Lokasinya di Selompamioro, Imogiri, persinya di lembah Sungai Oya diapit bukit-bukit karst menghijau. Aliran Sungai Oya terbentang 106 kilometer berhulu di Gunung Kidul hingga bermuara di pantai selatan Jawa.

Akses menuju Kedung Jati dapat ditempuh dengan rute dari Jogja menuju imogiri kemudian sebelum pertigaan menuju Gunung Kidul, ambil kiri menuju Selopamioro Adventure Park. Kedung Jati juga menjadi rute menantang dan bisa menaikkan andrenalin pengunjung, sangat cocok bagi yang berjiwa petualang, gowes MTB terutama yang suka downhill maupun para crosser motor trail.

Di Kedung Jati tersedia paket wisata untuk menyusuri Sunga Oya dengan menggunakan perahu karet. Jangan ragu, keamanan saat menaiki perahu karet telah dijamin pemandu wisata.

Ada ada dua jenis paket yakni Short trip dan Long trip dengan harga dan jarak tempuh berbeda. Short trip dibanderol Rp150.000/perahu dengan jarak satu kilometer. Sedangkan Long trip dibanderol Rp250.000 dengan jarak kurang lebih 5,4 kilometer.

Menyusuri sungai Oya pengunjung disuguhkan pemandangan keindahan batu-batuan tebing di perbukitan, batu masjid dimana bentuknya mirip kubah masjid,dan  pohon Ingas yang umurnya lebih seabad.