Destinasi wisata sungai yang memberikan sensasi luar biasa Kabupaten Bantul berlokasi di Desa Sriharjo, Imogiri, di lembah Sungai Oya diapit bukit-bukit karst menghijau. Aliran Sungai Oya terbentang 106 kilometer berhulu di Gunung Kidul hingga bermuara di pantai selatan Jawa.

Akses menuju Desa Wisata Sriharjo dapat ditempuh dengan rute dari Jogja menuju Jalan Imogiri – Siluk kemudian mengikuti arah petunjuk Jembatan gantung. Rute menuju lokasi menantang dan bisa menaikkan andrenalin pengunjung, sangat cocok bagi yang berjiwa petualang, pesepeda maupun para crosser motor trail.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Sriharjo, mempunyai banyak lokasi menarik yang patut dikunjungi, antara lain Sri Keminut, Taman Ngirli Indah, Lembah Sorory, Desa Wisata Pengkol, Kedhungasri dan Ngepohsari. Setiap titik lokasi Pokdarwis menyuguhkan sajian wisata yang berbeda.

Area Terasering

Terdapat tiga titik wisata yakni  Bukit Sriharjo, Ngepohsari, dan Padusan Banyu Bening.  Di Area Terasering, wisatawan bisa berfoto-foto di area persawahan hijau bertuliskan Sriharjo yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Tidak hanya itu, di sana juga ada kegiatan Techno Eco Park bagi pengunjung yang ingin mempelajari seputar cara bertani dengan teknik modern.

Sepeda Air

Pengunjung dapat melakukan sepeda air , berenang dan bermain air di atas aliran sungai Oya yang dangkal dan bebatuan di Ngepohsari dan Padusan Banyu Bening.

Di tempat wisata tersebut juga tersedia area bermain air untuk anak-anak yang relatif aman sehingga pengunjung  tidak perlu khawatir saat berlibur dengan si kecil dan anggota keluarga.

Selain sajian kegiatan wisata diatas, pengunjung dapat menikmati pemandangan asri dan menghirup udara kaya oksigen, tak lupa spot foto alam yang boleh terlewatkan.