Foto : @nusaku.id

Grojogan Pucung memang menjadi wisata yang ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Grojogan Pucung ini berlokasi di Yogyakarta. Jika Anda sedang berlibur dan ingin mencari wisata alam maka tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi.

Pada pembahasan di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pesona Grojogan Pucung, lokasi, rute perjalanan, dan harga masuk.

Lokasi Wisata Grojogan Pucung

Wisata Grojogan Pucung ini terletak di Blali, Seloharjo, Bantul. Anda bisa langsung melakukan pencarian di google maps untuk mendapatkan tempat wisata alam ini. Air terjun ini memang direkomendasikan bagi Anda traveler baik dari Jawa Tengah maupun daerah lain. Air terjun ini terletak di tengah hutan belantara dan bisa dikatakan masih sangat asri dan belum terjamah aktivitas manusia.

Airnya mengalir deras dan cenderung stabil. Sumber mata air dari air terjun Pucung berada di bagian atas. Jika Anda datang kesana maka pasti akan disuguhkan keindahan panorama yang indah. Ini dikarenakan banyak pepohonan yang rimbun dan hijau yang menghiasi sekitar wisata Grojogan Pucung.

Rute Wisata Grojogan Pucung

Rute untuk pergi ke wisata alam ini mudah untuk dijangkau. Jarak antara pusat Kota Yogyakarta menuju Grojogan Pucung ini lumayan jauh yaitu berkisar 25,2 km. Jika Anda menggunakan motor dari pusat Kota Yogya maka jangkauan rute bisa ditempuh sekitar 1 jam.

Untuk masa saat ini, Anda bisa mudah mengaksesnya ketika menggunakan google maps. Ketik “Grojogan Pucung” dan Anda pasti akan menemukan rute untuk wisata alam ini.

Harga Tiket Wisata Grojogan Pucung

Sebenarnya, Grojogan Pucung ini merupakan wisata yang masih dikelola masyarakat disekitarnya. Adapun pengelolanya adalah pemuda karang taruna di daerah tersebut. Sehingga, untuk masuk dan parkir ke wisata alam ini tidak ditarifkan biaya. Pengunjung hanya perlu membayar biaya seikhlasnya guna untuk memajukan kawasan wisata Pucung Grojogan.

Fasilitas Wisata Grojogan Pucung

Wisata Grojogan Pucung belum mempunyai fasilitas yang lengkap. Hal ini mengingat pengelola tidak menarifkan besar biaya yang harus dibayarkan oleh pengunjung. Ketika Anda pergi kesana, Anda akan menjumpai tempat duduk panjang yang disediakan untuk pengunjung.

Untuk kamar mandi khusus di Grojogan Pucung masih tidak tersedia. Hanya saja orang yang berkunjung ke wisata alam ini bisa ke rumah masyarakat sekitar untuk pergi ke kamar mandi.

Waktu Kunjungan Wisata Grojogan Pucung

Wisata Grojogan Pucung bisa dikunjungi mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Untuk Anda yang ingin berwisata maka usahakan waktu tempuh sudah diperhitungkan dengan baik. Air terjun ini sebenarnya tidak mempunyai akses tempuh yang susah.

Hanya saja Anda diharuskan untuk mengetahui jalan dan rute menuju kesana. Perhatikan cuaca agar Anda bisa menyiapkan segala kebutuhan yang akan dibawa saat berwisata.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Berwisata di Grojogan Pucung

Seperti yang diketahui jika wisata ini belum terjamah oleh banyak manusia. Sehingga fasilitas yang ada untuk berwisata juga dapat dikatakan tidak banyak. Namun, inilah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Grojogan Pucung

Bermain Air

Air terjun memang membawa sejuta pesona dan membawa kesegaran ketika Anda berkunjung kesana. Jika Anda datang ke Grojogan Pucung, maka tidak ada pembatasan untuk melakukan aktivitas bermain air. Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan arus air yang terjadi pada saat itu.

Mengambil Foto dan Video

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengambil foto dan video di Grojogan Pucung. Banyak sekali wisatawan yang membuat video cinematic di wisata alam Grojogan Pucung ini. Anda bisa mengambil foto dan video sepuasnya untuk kebutuhan serta keinginan. Anda diminta untuk tetap menjaga kebersihan dan juga keasrian tempat Grojogan agar tetap terlihat sejuk dan asri.

Itulah penjelasan lengkap mengenai informasi wisata Grojogan Pucung Yogyakarta. Jika Anda berminat untuk pergi kesana, pahami rute yang ada di penjelasan diatas atau google maps. Sebelum berangkat Anda juga harus melakukan cek cuaca untuk memastikan kondisi alam sedang baik-baik saja.

Tidak ada biaya yang dikenakan ketika Anda pergi berwisata di Pucung Yogyakarta. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan dan keasrian dari wisata alam ini.