Bali Beyond Travel Fair (BBTF) 2017, kembali akan digelar. Bursa pariwisata yang mempertemukan pembeli (buyers) dan penjual (sellers) dari luar negeri dan sejumlah daerah di Indonesia ini, rencananya digelar di Nusa Dua Bali pada 7-11 Juni 2017.

BBTF tahun 2017 ditargetkan diikuti sebanyak 241 operator tur dari seluruh negara. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2016 yang hanya mendatangkan sebanyak 228 operator tur dari berbagai mancanegara.

Hingga kini, panitia BBTF mencatat sudah 210 operator mendaftarkan diri untuk hadir, dan diharapkan bisa terus bertambah agar Bali bisa menyumbang lebih banyak kunjungan wisatawan bagi Indonesia.

BBTF yang diselenggarakan ASITA Bali merupakan salah satu event cukup besar dan bergengsi dalam bursa pariwisata. Event yang sudah digelar tiga kali berturut-tutur ini memiliki nilai strategis bagi pariwisata Bali. Selain untuk mendongkrak bertambahkan kunjungan wisatawan ke Bali maupun Indonesia, juga sebagai ajang promosi wisata.

Jika target kunjungan turis asing terpenuhi melalui event ini, Bali akan bisa menyumbangkan lebih besar kunjungan wisatawan bagi Indonesia. Bursa pariwisata internasional BBTF juga berpotensi meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia hingga 20 juta wisman pada 2019.

Sementara Pemerintah Provinsi Bali juga berusaya terus meningkatkan kualitas pariwisata. Peningkatan ini perlu dilakukan karena wisatawan asing yang datang nampakn ya sudah mulai jenuh, sehingga butuh kualitas pariwisata supaya tidak monoton. Salah satunya,
Bali menciptakan destinasi wisata alternatif di Bali Utara, sehingga pemerataannya sejalan dengan Bali Selatan.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, DIY melalui Dinas Pariwisata juga akan berpartisipasi dalam event ini. Akan ada beberapa pelaku usaha yang ikut dalam event ini. Diharapkan dengan BBTF 2017 akan mendongkrak perolehan jumlah wisatawan yang datang ke DIY, apalagi nantinya di tahun 2019 akan beroperasi New Yogyakarta International Airport. Dalam kesempatan tersebut tentunya akan diinformasikan kepada buyers internasional, karena nantinya dimungkinkan direct flight ke beberapa negara lain. Dengan event ini juga diharapkan spending money wisatawan khusunya mancanegara akan lebih banyak di tahun-tahun yang akan datang.

*artikel sebagian bersumber dari bisniswisata.co.id

*foto diambil dari bisniswisata.co.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here