Soto merupakan kuliner khas yang hampir semua daerah di Indonesia memiliki kekhasannya sendiri. Contohnya saja Soto Sulung khas Madura, Coto Makassar, Soto Sokaraja, tidak ketinggalan Soto Jogja.

Sesuai daerahnya, masing-masing soto ini memiliki karakternya sendiri. Jika dibandingkan dengan soto di daerah lain, soto di Jogja memiliki kuah yang lebih ringan dan isian soto yang lebih simple. Biasanya seporsi soto di Jogja hanya berisikan kubis, tauge, bihun, potongan daging, dan jika mau langsung dicampur dengan nasi. Makanan pendampingnya kita bisa memilih tempe goreng, sate usus, atau sate telur puyuh.

Dari begitu banyaknya warung soto di Jogja, tentu saja ada yang sudah melegenda, entah itu karena rasanya, tempatnya, atau bahkan usianya. Di Gunungkidul sendiri ada satu warung soto yang sudah melegenda, yaitu Soto Tan Proyek.

Awalnya warung soto ini bernama Warung Soto Murni, namun karena tempatnya yang berada di timur (timur=wetan) Dinas PU, maka warung soto tersebut pun dijuluki soto tan proyek. Meskipun Dinas PU sudah pindah, hingga kini Tan Proyek masih melekat di warung soto tersebut.

Soto yang buka pada tahun 1980an ini Proyek terletak di Jl. Wonosari Yogya Km. 4 Logandeng, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena tempatnya yang berada di pinggir jalan utama yang mudah diakses. Hanya saja fasilitas parkir warung soto ini masih belum memadai sehingga pengunjung yang datang menggunakan kendaraan roda empat harus memarkirkn kendaraannya di pinggir jalan.

Soto ayam kampung tan proyek ini memang agak berbeda dengan soto di jogja pada umumnya yang menggunakan bihun/soun sebagai pelengkapnya. Dalam seporsi soto tan proyek terdapat potongan daging ayam kampung, tauge, seledri, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng, tidak lupa kuah soto yang terasa ringan namun tetap lezat di lidah.

Beberapa hidangan pelengkap bisa menemani saat bersantap ria soto tan proyek. Ada beberapa pilihan lauk seperti tempe goreng, lenthok, dan ayam goreng. Jangan lupa juga dengan irisan tomat dan perasan jeruk nipis yang semakin menambah cita rasa soto tan proyek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here