Melihat film-film timur tengah pastinya bisa memunculkan rasa penasaran kita pada gurun pasir bukan? Gurun pasir digambarkan dengan area yang sangat luas dan sejauh mata memandang hanya ada pasir. Bicara tentang cuacanya, gurun pasir termasuk memiliki cuaca yang ekstrim, sangat panas pada siang hai, dan dingin yang menusuk saat malam hari. Gurun pasir biasanya hanya ditemukan di daerah-daerah afrika atau Timur Tengah. Tapi siapa sangka, ternyata wilayah tropis dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia juga memiliki gurun pasir. Terletak di Parangtritis, Yogyakarta, disini pengunjung bisa memuaskan rasa penasaran terhadap gurun pasir.

Gumuk Pasir, begitu orang-rang menyebutnya. Gumuk itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah gundukan. Jadi, Gumuk Pasir adalah gundukan-gundukan pasir yang terhampar luas. Gumuk pasir ini terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Di Dunia sendiri, fenomena gumuk pasir seperti ini hanya ada 2, di Indonesia dan Meksiko.

Untuk membentuk hamparan pasir sebegitu luasnya membutuhkan waktu berjuta-juta tahun. Gumuk pasir di Jogja sendiri merupakan hasil material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa arus sungai Progo dan Sungai Opak kemudian mengendap. Endapan itu terus menerus dihantam oleh ombak. Pada saat itulah butiran pasir terbawa oleh angin dan terhempas dan membentuk gundukan-gundukan pasir yang saat ini dikenal dengan Gumuk Pasir itu.

Cuaca di area Gumuk pasir inipun tidak berbeda dengan kondisi cuaca di guru pasir pada umumnya. Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat terasa, apalagi saat siang hari. Perbedaan suhu yang ekstrim inilah yang membuat tempat ini jarang digunakan untuk camping. Suhu yang ekstrim ini juga kadang digunakan oleh orangorang yang akan berangkat haji sebagai sarana untuk manasik haji. Hingga saat mereka sudah ada di Saudi Arabia, tubuh mereka sudah bisa menyesuaikan.

Uniknya gumuk pasir ini sudah biasa menjadi surga para fotografer. Selain menjadi tempat foto narsis, gumuk pasir juga menjadi incaran para pasangan-pasangan yang ingin mengambil gambar untuk pre-wedding. Ada juga para fotografer dan model profesional yang menjadikan tempat ini untuk setting photo session mereka. Tak hanya itu, Gumuk Pasir juga kerap digunakan sebagai tempat pembuatan videoklip dan shooting film. Siapa sangka, video klip Agnes Monica (Godai Aku Lagi) dan HiVi (Orang ketiga) digarap disana.

Untuk menuju ke Gumuk pasir cukup mudah. Karena letaknya yang bersebelahan denga Pantai Parangtriis, anda bisa mengambil jalur satu arah dengan Parangtritis dari Kota Yogyakarta. Sesampainya di Pantai Parangtritis, anda akan menemukan pertigaan Hotel Gandung ambil arah barat ke arah pantai Depok.

SHARE
Previous articleAir Terjun Lepo
Next articleGoa Jepang Pundong