Desa wisata Pentingsari merupakan salah satu pelopor desa wisata di Yogyakarta. Secara geografis, Desa Pentingsari berada di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di lereng Merapi membuat desa ini selalu diselimuti hawa sejuk baik siang maupun malam. Desa Pentingsari sendiri diresmikan menjadi desa wisata pada tahun 2008 dengan menawarkan wisata alam dan wisata budaya sebagai daya tarik utamanya.

Desa Pentingsari cocok bagi wisatawan yang ingin rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Disini wisatawan bisa melakukan banyak hal yang bisa merileksasi pikiran dan raga. Dengan suasana pedesaan yang masih asri, udara khas lereng Merapi yang sejuk, dan kearifan lokal yang masih terasa kental akan merecharge jiwa.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini selain menikmati keindahan alam pedesaan. Disini wisatawan tidak hanya numpang tidur, tetapi juga bisa mengikuti berbagai aktivitas dan berbaur dengan penduduk sekitar, seperti melakukan aktivitas membajak sawah, panen padi, memancing bahkan wisatawan juga bisa mengikuti kursus singkat menari Jawa, belajar karawitan, kreasi janur, dan di waktu tertentu, pengunjung juga akan diajak mengikuti kenduri atau syukuran desa. Jika datang bersama rombongan, disini juga menyediakan fasilitas outbond dan sepak bola lumpur.

Puas melakukan berbagai aktivitas di desa, wisatawan bisa juga mngunjungi berbagai obyek wisata yang ada di sekitar kawasan Desa Pentingsari. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi antara lain Kaliurang dan Kali Kuning dengan pemandangan landscape Merapinya yang sangat indah, Pancuran Sendangsari yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, Batu Luweng yang menjadi saksi perjuangan Pangeran Dipenogoro melawan Belanda, Watu Gendong, Watu Payung dan masih banyak lainnya.

Desa Pentingsari juga memiliki Joglo Herbal, yaitu joglo yang dikhususkan untuk konsultasi pengobatan herbal. Disini wisatawan bisa berkonsultasi mengenai tanaman-tanaman herbal yang memiliki khasiat tertentu. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mendapatkan bibit tanaman herbal dan berbagai sayuran organic.

SHARE
Previous articleDesa Wisata Tembi
Next articleDesa Wisata Kelor