Bagi para pecinta wisata alam, Kulon Progo bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Wilayah Kulon Progo bagian utara berada di kawasan Perbukitan Menoreh yang menyimpan banyak potensi wisata alam. Perbukitan Menoreh sendiri merupakan kawasan perbukitan yang membentang di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo.

Perbukitan Menoreh memiliki titik tertinggi yang bernama Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo memiliki ketinggian kurang lebih 1.091 Mdpl. Dari puncak ini wisatawan bisa melihat pemandangan empat gunung sekaligus, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing. Karena itu tidak heran jika Puncak Suroloyo menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Puncak Suroloyo memiliki tiga gardu pandang untuk menikmati bentang alam Perbukitan Menoreh. ?Wisatawan harus menaiki ratusan anak tangga sebelum akhirnya bisa sampai di puncak. Akan tetapi lelah selama perjalanan akan langsung terbayarkan dengan pemandangan yang membuat hati berdecak kagum.

Waktu yang disarankan untuk mengunjungi Puncak Suroloyo yaitu pada musim kemarau saat untuk menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam tanpa terhalang kabut maupun awan. Bahkan jika cuaca sangat cerah, akan terlihat pesona Borobudur yang terlihat kecil diantara lembah-lembah dan empat gunung.

Selain view yang memikat, musim durian juga menjadi alasan wisatawan berbondong-bondong datang ke Suroloyo. Durian Menoreh memiliki aroma yang memikat dan daging yang tebal dan legit. Bahkan setiap tahun Suroloyo rutin mengadakan Festival Durian yang khusus diselenggarakan untuk pecinta buah berduri ini. selain bisa mencicipi durian varietas unggulan, wisatawan juga bisa langsung membeli bibit durian yang sudah mendapat sertifikasi dari Dinas Pertanian.

Rute menuju Puncak Suroloyo cukup mudah, akan tetapi jalan yang terjal dan berliku membuat pengendaran harus berhati-hati dan disarankan agar kendaraan dalam kondisi fit untuk melewati tanjakan curam.

Rute bisa dimulai dari Jalan Godean menuju Kulon Progo. Sampai di perempatan nanggulan ambil kanan menuju arah kalibawang kira-kira sekitar 15 kilometer. Nanti di kiri jalan sudah ada? papan pentujuk untuk menuju ke arah puncak suroloyo.

Memasuki kawasan obyek wisata Puncak Suroloyo, wisatawan harus membayar tiket sebesar Rp.2.000,- per orang. Sedangkan bila anda menggunakan jasa ojek rute dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo pulang pergi, tarifnya Rp. 50.000,-

SHARE
Previous articleKebun Teh Nglinggo
Next articleDesa Wisata Kasongan