Desa wisata Banjaraoya atau sering disebut Dewa Bara merupakan salah satu desa di lereng perbukitan Menoreh. Secara administrasi, desa Banjaroya masuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Perbukitan Menoreh sendiri memang dikenal sebagai kawasan wisata alam. Beberapa obyek wisata yang ada disini diantaranya Waduk Sermo, Kalibiru, dan Puncak Suroloyo.

Kehadiran Desa Banjaroya menambah nilai plus kawasan wisata di Perbukitan Menoreh. Desa Banjaroya memfasilitasi wisatawan yang ingin singgah lebih lama untuk menikmati keindahan perbukitan Menoreh sekaligus merasakan bagaimana tinggal dan berbaur dengan masyarakat desa.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari mengikuti aktivitas warga sehari-hari, bertani, mengikuti acara adat, menikmati pertunjukan seni lokal, menikmati kuliner lokal, tracking, hiking mengelilingi desa, dan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di sekitar desa seperti Embung Banjaroya, Bendung Ancol, Goa Maria Sendangsono, Makam Kyai Krapyak, dan jika beruntung wisatawan bisa mengunjungi festival durian Menoreh.

Kalibawang khususnya desa Banjaroya memang dikenal sebagai sentra durian. Durian Banjaroya atau yang lebih dikenal dengan durian Menoreh memiliki aroma yang kuat dan daging buah yang tebal, dan rasanya yang mantab. Terdapat beberapa varietas unggulan yang ada disini, bahkan beberapa telah ditetapkan varietas durian unggulan nasional seperti Durian Menoreh Jambon dan Durian Menoreh Kuning. Wisatawan bisa datang saat musim panen Durian Menoreh kisaran bulan September ? Februari.Berbagai kegiatan seru dilakukan untuk memeriahkan festival, antara lain games, kontes durian, dan obral durian.

Disini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas berkebun dan mengolah hasil perkebunan mengingat sebagian besar penduduk yang berpencaharian sebagai petani pekebun. Wisatawan dapat belajar langsung membuat gula aren, mengolah coklat dan kopi, dan membuat jamu.

Desa Wisata Banjaroya berada di jalur wisata Yogyakarta ? Borobudur yang berjarak kurang lebih 24 km dari Kota Yogyakarta. Lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mengambil rute dari jalan Godean-Dekso-Kalibawang dan Banjaroya. Jika dengan angkutan umum harus berganti angkutan sesampainya di Dekso kemudian dilanjutkan dengan angkutan yang menuju ke arah Borobudur.