Bagi sebagian orang, berwisata bukan hanya sekedar untuk berlibur dan refreshing. Selain menikmati waktu bersantai, tentu sayang jika momen liburan tidak diabadikan. Terlebih jika tempat liburan yang dituju memiliki pemandangan yang sangat indah dan mengagumkan. Di Yogyakarta sendiri ada beberapa tempat wisata yang awalnya justru hanya sebuah spot favorite bagi para pecinta fotografi. Siapa sangka, dengan tersebarnya foto-foto tempat tersebut, banyak orang yang penasaran dan akhirnya tempat tersebut dikunjungi para wisatawan. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Spot Riyadi.

Spot Riyadi terletak di dusun Sumberwatu, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Dinamakan Spot Riyadi karena tempat ini berada di depan halaman rumah Pak Riyadi yang berada di perbukitan Sambirejo, Prambanan. Posisi Spot Riyadi menghadap ke utara atau menghadap ke Gunung Merapi. Dimana dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Candi Prambanan, hamparan persawahan yang menghijau, dan desa-desa di sekitarnya.

Spot Riyadi sendiri pertama kali dikenal melalui para fotografer yang membagikan foto mereka di media sosial. Kebanyakan para fotografer tersebut mereka berburu kabut pagi dan atas bukit dan gemerlapnya Candi Prambanan saat malam hari. Bisa dibilang, Spot Riyadi ini merupakan Punthuk Setumbunya Candi Prambanan.

Lokasi Spot Riyadi dekat dengan kawasan Sumberwatu Heritage Resort dan Abhayagiri Restaurant. Dari pusat Kota Jogja menuju Candi Prambanan. Sampai pada gapura perbatasan antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil menuju ke selatan. Ikuti jalan kecil tersebut menuju Sumberwatu Heritage Resort. Sampai di resort, cari jalan cor yang berada di belakang resort tersebut. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu perempatan jalan yang ada pos ronda kemudian ambil arah kiri. Kira-kira 200 meter akan tiba di Spot Riyadi.

Spot Riyadi kini mulai dikembangkan sebagai lokasi wisata kecil-kecil dengan dibuat lokasi parkir dan dibukanya warung makanan dan minuman. Semakin hari pengunjung semakin bertambah. Spot Riyadi bisa menjadi wisata alternative yang murah meriah untuk menikmati keindahan Candi Prambanan dari atas bukit.

SHARE
Previous articleCandi Ijo
Next articleLava Bantal Berbah