Hai runners! Sebentar lagi di Yogyakarta bakalan ada acara yg keren banget untuk kalian para pecinta olahraga lari. Catat tanggalnya dan jangan lupa untuk ikut berpartisipasi ya.

Kamis, 25 April 2019 Badan Informasi Geospasial mengadakan peluncuran event lari “The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019” di Eat and Eat FX Sudirman Jakarta. Acara ini akan dilaksanakan pada tangal 6 Oktober 2019 mendatang sebagai salah satu acara untuk memeriahkan ulang tahun BIG (Badan Informasi Geospasial) yang ke-50. Acara ini dibuka oleh Kepala BIG, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc dan juga dihadiri perwakilan dari Kraton Yogyakarta oleh Kanjeng Pangeran Haryo Wironegoro. Ajang ‘The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019’ ini pun mendapatkan dukungan dan apresiasi dari para pemangku kepentingan, termasuk Kraton Yogyakarta. Ajang ini sudah mendapatkan restu dari Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengingat gumuk pasir ini merupakan tanah milik Kraton Yogyakarta (Sultan Ground).

Secara umum, The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019 adalah kegiatan lomba lari yang dibagi menjadi tiga kelas, yakni jarak 5km, jarak 10km, dan half marathon atau sejauh 21 km yang diselenggarakan dengan memusatkan perhatian pada nilai edukasi akan konservasi Kagungan Dalem Gumuk Pasir dan wisata di sekitar area gumuk pasir.

Rute yang akan ditempuh melalui gumuk pasir dengan presentase 20% dan 80% sisanya melalui aspal jalur pantai, jalan raya maupun jalan-jalan perkampungan. Kegiatan ini akan mengambil start dan finish di Parangtritis Geomaritime Site Park (PGSP). Panitia menargetkan sebanyak 5000 peserta untuk mengikuti acara ini. Selain karena BIG memiliki PGSP yang terletak dekat dengan lokasi gumuk pasir, alasan lain dipilihnya lokasi ini adalah karena belum banyaknya acara lari yang diadakan di tanah berpasir sehingga peserta bisa merasakan juga sensasi lomba lari di bukit pasir.

Dinas Pariwisata DIY turut mendukung dan berharap agar penyampaian informasi kepada masyarakat bisa maksimal serta Animo kunjungan ke Yogyakarta semakin banyak dengan adanya event lari ini.

Untuk pendaftaran sendiri telah dibuka sejak bulan April hingga akhir bulan Agustus 2019 mendatang, yang dapat dilakukan secara online di website http://sanddunesrun.id/. Untuk biaya pendaftarannya sendiri adalah Rp. 250.000 (6K); Rp. 350.000 (10K) dan Rp. 500.000 (21 K). (san/ynd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here