Foto : merahputih.com

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak pesona. Baik pesona wisata alamnya maupun daya tarik kelezatan kulinernya. Jadi jika anda berlibur ke Gunung Kidul salah satu hal yang wajib anda coba adalah mencoba kuliner khasnya. Beragam destinasi wisata kuliner bisa anda temui di Gunung Kidul. Salah satunya adalah Sego Abang Gunung Kidul. Rumah makan ini berdiri sejak Februari 2017 dan memang didesain sebagai rumah makan spesialis menu tradisional.

Buat anda yang belum tahu, sego abang berasal dari Bahasa Jawa yang artinya nasi merah. Sego abang adalah hasil panen beras merah yang diproduksi dengan memanfaatkan tanah tadah hujan di Gunung Kidul. Warnanya yang merah alami dan memiliki rasa unik setelah dimasak adalah ciri khas dari sego abang. Hal tersebut juga membuat banyak khalayak sangat menggemari kuliner satu ini. Tidak hanya warga lokal Gunung Kidul saja yang menggemarinya, namun para wisatawan dari luar kota banyak yang menjadikan Sego Abang Gunung Kidul ini sebagai destinasi wajib wisata kuliner.

Menu yang Beragam

Sego Abang Gunung Kidul ini biasanya disajikan dengan kudapan lainnya sebagai pelengkap. Di rumah makan ini tersedia menu prasmanan yang menyediakan aneka makanan tradisional pelengkap sego abang. Untuk pilihan sayur ada banyak macamnya, ada brongkos, sayur lodeh, sayur tempe lombok ijo, oseng daun pepaya, pecel dan sayur asem. Selain sayur juga tersedia anek lauk yang lezat seperti ayam bakar, ayam goreng bacem, ampela atu, tahu tempe bacem, serta berbagai olahan ikan. Selain menu prasmanan, warung makan ini juga menyediakan menu ala carte seperti warung makan yang lain. Jika anda berkunjung ke sini dengan keluarga dan ternyata ada anggota keluarga yang tidak bisa memakan sego abang anda tak perlu khawatir. Di sini juga disediakan menu nasi putih hangat. Untuk minuman juga cukup lengkap. Ada wedang teh poci, kopi joss, sup buah, jus buah, wedang uwuh, hingga aneka jamu tradisonal juga tersedia. Sangat lengkap bukan?

Interior yang Unik

Sebenarnya ketika dilihat dari luar, bangunan rumah makan ini terlihat tidak begitu besar. Namun ketika anda memasuki area rumah makan anda akan dibuat takjub dengan interior rumah makan yang unik. Di bagian depan pintu masuk tergantung papan nama dari kayu bertuliskan “Warung Makan Sego Abang Gunung Kidul”. Meja dan kursi terbuat dari kayu dengan desain penuh ukiran klasik yang membuatnya terlihat elegan dan mewah. Di bagian dalam anda akan menjumpai banyak hiasan bertema ala-ala jadul seperti lukisan, jam jadul, tv jadul, topeng tradisional, bahkan ada onthel jadul yang semuanya tertata rapi. Fasilitas lain seperti kamar mandi dan mushola juga tersedia sangat bersih. Inilah salah satu poin plus dari rumah makan Nasi Abang Gunung Kidul ini. Selain meja dan kursi ukuran biasa, juga terdapat meja besar khusus dengan kursi dari kayu yang bentuknya untuk dan memanjang. Meja dan kursi khusus ini biasa digunakan untuk bersantap rombongan ataupun orang-orang penting. Di bagian belakang terdapat gazebo yang tak hanya bisa digunakan sebagai temoat makan namun juga bisa digunakan sebagai tempat pertemuan. Tentu anda tidak boleh melewatkan fasilitas ini untuk berswafoto ria agar instagram anda tetap penuh gaya. Tenang, di rumah makan ini tersedia Wi-Fi gratis sehingga anda bisa langsung meng-update hasil swafoto anda ke instagram.

Rasa Selangit Harga Tetap Membumi

Suasana yang nyaman dengan fasilitas yang luar biasa pasti membuat anda langsung bertanya-tanya tentang harga. Harga makanan di Warung Sego Abang Gunung Kidul ini masih terjangkau. Mulai dari Rp 25.000 anda sudah bisa menikmati lezatnya sego abang dengan lauk dan sayur pilihan. Untuk minuman harga yang dibanderol mulai dari Rp 3000 rupiah saja.

Buat anda yang tertarik untuk kesana warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB dan berlokasi di Ring Road Selatan tepatnya Jalan KRT Judodiningrat Siraman, Wonosari, Gunung Kidul. Warung boleh bertema jadul dan kuno tapi soal rasa dan suasana jelas numero uno.