Foto : budimayo.blogspot.com

Yogyakarta memiliki beragam kuliner. Mulai dari kuliner yang manis, gurih, asin, empuk, keras, mahal, ataupun murah. Salah satu kuliner yang populer adalah olahan berbahan dasar daging kambing. Olahan kambing lezat dan khas yang bisa anda temui di Jogja adalah Tengkleng Kambing. Tengkleng adalah masakan yang berasal dari Jogja dan Solo dengan bahan utama daging sapi atau kambing. Sekilas memang sajian ini mirip dengan gulai, namun bedanya kuah tengkleng lebih encer. Orang juga biasanya menyebut tengkleng dengan balungan atau tulang karena memang menu ini menyediakan olahan balungan, seperti tulang rusuk, tulang bagian kaki, maupun bagian punggung. Balungan kambing yang segar dimasak dengan kuah gurih dan bumbu yang nendang.

Walaupun letaknya sedikit jauh dari pusat Kota Jogja namun lokasi Tengkleng Hohah ini sangat mudah diakses. Warung ini terletak di Jalan Wonosari KM 7 Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Tepatnya di seberang SPBU Mantup. Dari pusat kota Yogyakarta anda bisa berjalan ke arah timur menuju jalan Piyungan atau Wonosari. Begitu sampai anda akan menjumpai bangunan warung dengan dominasi warna merah yang keren. Pemilik warung ini masih muda jadi tak heran kalau desain warung pun juga dibuat ala anak muda. Di bagian depan bangunan terdapat papan nama bertuliskan ‘Tengkleng Hohah’ lengkap dengan tagline-nya ‘Nikmatnya Klamutan Balungan’.

Pasti anda penasaran kenapa disebut dengan tengkleng Hohah. Hohah adalah suara yang biasanya dikeluarkan orang ketika merasa kepedasan. Jadi masakan pedas memang menjadi konsep utama dari Warung Tengkleng Hohah. Menu yang disediakan di warung ini cukup variatif tak hanya tengkleng saja. Antara lain ada tengkleng hohah, kicik balungan, nasi goreng kambing, gulai kambing, kicik kaki kambing, sate kambing muda, sate klathak, dan menu yang lain. Pilihan minuman di sini juga beragam ada wedang sechang, es teh, es jeruk, wedang uwuh, kopi, bir plethok, dan es timun. Ada yang menarik di menu Tengkleng Hohah ini. Ada menu Tengkleng Kingkong dan Kicik Kingkong. Eits.. menu ini bukanlah menu tengkleng berbahan balungan kingkong ya. Tapi ini adalah porsi tengkleng dan kicik yang super jumbo bisa untuk dikonsumsi 4 sampai 5 orang. Pemilik Tengkleng Hohah ini memang kreatif dalam memberi nama menu andalan mereka.

Hal yang cukup menarik dari Tengkleng Hohah ini adalah anda akan belajar seni mencari daging yang menempel di tulang dan menghisap sumsumnya yang super duper pedas. Dijamin enak! Warung Tengkleng Hohah buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai 21.00. Kalau anda ingin berkunjung kesana usahakan jangan ketika jam makan karena akan sangat ramai pembeli dan harus bersabar untuk mendapatkan tempat duduk. Satu porsi tengkleng disajikan dalam sebuah piring. Untuk nasi kita diminta untuk mengambil sendiri sesuai dengan selera kita. Tersedia menu tengkleng yang pedas dan tidak pedas. Namun harus coba yang pedas dong. Karena pedas merupakan ciri khas dari Warung Tengkleng Hohah ini. Harga yang dipatok juga tidak terlalu mahal. Mulai Rp 39.000 anda sudah bisa menikmati tengkleng porsi biasa dan Rp 179.000 untuk tengkleng porsi kingkong.

Selain menikmati Tengkleng Hohah di warungnya langsung, anda juga bisa menjadikan Tengkleng Hohah sebagai oleh-oleh. Anda bisa memesan paket Tengkleng Hohah untuk oleh-oleh. Tengkleng akan dibungkus dengan kotak yang menarik dan siap anda bawa pulang. Paket Tengkleng Hohah khusus untuk oleh-oleh bisa bertahan maksimal 12 jam dalam suhu ruangan. Penyajiannya juga cukup mudah, tuang kuah ke panci dan panaskan selama 10 menit.