gudeg.net

Pernahkah anda mendengar kabar mengenai kedatangan mantan presiden Amerika Barrack Obama ke Yogyakarta? Di Yogyakarta Obama menyempatkan diri untuk berwisata kuliner. Salah satu rumah makan yang dikunjungi Obama adalah Bumi Langit Institute di Bantul. Rumah makan ini terletak di Jalan Imogiri Mangunan Km 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Dari Kota Jogja anda perlu berjalan ke arah selatan dengan memakan waktu sekitar 35 menit. Untuk menuju ke sini disarankan anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa karena memang akses kendaraan umum ke sini sedikit sulit dari pusat Kota Jogja. Buka dari Hari Selasa hingga hari Minggu mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Mengusung Konsep Makanan Organik yang Sehat

Disebut dengan Bumi Langit Institute karena selain berupa rumah makan, Bumi Langit juga mengelola kegiatan lain yang berhubungan dengan alam. Di sini anda bisa melihat secara langsung bagaimana makanan diproses sejak mengambil bahan, memasaknya, hingga terakhir anda menikmatinya. Tak hanya mengunggulkan kelezatan menunya, rumah makan ini juga mengusung konsep organik dan sehat. Bahan-bahan untuk olahan makanan mereka ambil langsung dari kebun Bumi Langit. Selain memiliki kebun sendiri, Bumi Langit Institute juga memiliki kolam ikan dan perternakan sapi khusus. Hal inilah yang menjadikan keluarga Obama tertarik untuk datang ke Bumi Langit, bahkan mereka sudah mengetahui informasi tentang rumah makan ini sejak masih di Amerika. Hingga akhirnya menyempatkan mampir ketika berkunjung ke Indonesia.

Ramah Keluarga

Begitu anda sampai di sini anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Bangunan rumah makan ini berupa pendogo joglo khas Jawa yang terbuka semua sisinya. Membuat suasana menjadi sejuk terkena terpaan angin yang semilir. Mengikuti konsep joglo yang tradisional, meja dan kursinya juga berkonsep jadul terbuat dari kayu dan rotan yang sudah jarang sekali ditemui. Membuat suasana Jawa yang penuh ketenangan semakin kental. Rumah makan ini sangat cocok anda jadikan referensi tempat berkumpul dengan keluarga. Jika anda hendak datang membawa keluarga ada baiknya anda melakukan revervasi terlebih dahulu. Setiap hari Bumi Langit tak pernah sepi pengunjung apalagi saat musim liburan tiba.

Menu Sehat namun Tetap Menggoda

Menu yang ditawarkan sangat sehat dan dijamin jauh dari bahan kimia. Menu yang paling terkenal adalah mie lethek. Mie ini terbuat dari tepung tapioka yang membuat tampilannya tidak secerah mie yang terbuat dari gandum. Itulah yang menyebabkan orang Jawa menyebutnya dengan mie lethek atau mie kotor. Tapi anda jangan berburuk sangka dahulu, urusan rasa mie ini bisa diadu dengan jenis mie yang lain. Di Bumi Langit mie lethek tidak menggunakan pengawet apapun dalam pembuatan dan pengolahannya. Saking terkenalnya, mie lethek ini jadi salah satu menu favorit Obama. Menu lainnya yang serba organik ada nasi campur, nasi goreng, ikan goreng, ayam goreng, aneka sayuran, dan lauk pauk seperti tahu goreng, tempe garit, dan telur goreng. Salah satu menu yang tak boleh anda lewatkan adalah camilan roti potong organik dengan selai buah home-made yang manis dan penuh vitamin.

Untuk minuman, salah satu yang menjadi ikon adalah Kefir dan Kombucha. Kefir adalah minuman hasil fermentasi susu dengan tekstur menyerupai yogurt namun memiliki rasa yang berbeda. Anda bisa memilih kefir varian spesial dengan tambahan selai buah alami atau madu asli. Sedangkan kombucha adalah teh yang juga difermentasi. Rasanya unik dan yang pasti sehat tentunya bebas dari pemanis buatan. Kedua minuman ini adalah menu wajib yang harus anda pesan ketika berkunjung ke Bumi Langit.

Harga yang Loyal

Menu makanan yang ditawarkan di sini dipatok mulai dari harga Rp 20.000 tiap porsinya. Termasuk terjangkau sebanding dengan kelezatan menu yang ditawarkan. Di zaman modern seperti saat ini sudah sulit sekali ditemui rumah makan berkonsep tradisional sekaligus sehat seperti Bumi Langit Institute ini.  Jadi, kalau Presiden Amerika saja sudah berkunjung kapan giliran anda?