Pada tanggal 5 November 2015 lalu telah diselenggarakan rapat untuk?membahas data statistik kunjungan wisman dan wisnus yang menggunakan jasa akomodasi di DIY. Rapat yang bertempat di Kantor Dinas Pariwisata DIY dan langsung dipimpin oleh Bapak Kepala DInas. pentingnya memperoleh data-data statistik kepariwisataan menjadi landasan utama dari penyelenggaraan rapat ini. metode pengambilan sample menjadi pembahasan utama, serta juga dibahas kendala-kendala di dalam melakukan pengambilan data-data statistik yang diperoleh dari para stakeholder terkait, seperti Hotel-hotel maupun Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten/Kota. Berikut ini adalah hasil rapat.
1 Data statistik kunjungan wisman dan wisnus yang menggunakan jasa akomodasi di DIY selama ini berbeda dengan BPS DIY, karena cara menghitungnya berbeda. Jika yang dikumpulkan Dinas Pariwisata DIY ialah data statistik dari hotel bintang yang bersertifikat, dan dari hotel non bintang (sample).
2 Bapak Kepala Dinas mengharapkan data statistik DISPAR DIY mendekati kenyataan/bukan manipulasi (dengan diperluas mencari data pondok wisata, homestay)
3. Rencana pada tahun 2016 Dinas Pariwisata DIY akan membuat Pokja, yang intinya setiap Dinas Pariwisata Kabupaten/ Kota ada 2 orang tenaga lapangan yang mengumpulkan data kunjungan wisman dan wisnus di hotel, jumlah pengunjung objek wisata di wilayah masing-masing. Setiap triwulan diadakan pertemuan untuk pengumpulan data yang diperoleh dari lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here