Sering main ke pantai-pantai pasir putih di Gunungkidul? Sesekali boleh lho kamu mengunjungi salah satu kawasan wisata edukasi, Baron Technopark, yang berlokasi di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

Baron Technopark sendiri didirikan pada tahun 2009 lalu dengan dana hibah dari NORAD-Norwegia, di kawasan Pantai Parang Racuk, atau sebelah barat Pantai Baron. Baron Technopark kerap digunakan untuk saran uji terap, wisata edukasi dan teknologi pemanfaatan energi baru. Namun sayangnya, tidak banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan wisata edukasi ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu pelajari disini, misalnya saja Solar Panel, menara kincir angin, pembibitan tanaman energy yang bersebelahan dengan kebun buah naga, wind and wave turbin dan masih banyak lagi. Tapi salah satu yang paling menarik para wisatawan adalah Jam Matahari.

Jam Matahari ini bentuknya sangat sederhana, hanya sebuah lingkaran dengan angka-angka romawi dan tugu miring sebagai jarum jamnya. Disini kamu bisa belajar membaca waktu dengan cara yang berbeda melalui Jam Matahari.

Cara kerja Jam Matahari ini cukup mudah. Dengan mengandalkan sinar matahari, maka kita akan bisa melihat di angka berapa bayangan tugu miring tadi jatuh. Tentu saja Jam Matahari ini memiliki pengelolaan tata ruang serta keunggulannya sendiri.

Jam Matahari ini berada di tempat tertinggi dari kawasan wisata Baron Technopark. Untuk menuju ke Jam Matahari, kamu harus melewati jalan setapak yang menanjak terlebih dahulu. Namun sesampainya di atas, pemandangan laut yang membentang luas akan melengkapi rasa puasmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here