Kota Yogya Raih Predikat Kota Dengan Pelayanan Publik Terbaik

Kota Yogya Raih Predikat Kota Dengan Pelayanan Publik Terbaik

395

Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan bidang pelayanan publik terbaik se-Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Menteri PANRB Asman Abnur kepada Sekda Kota Yogya di ruang serbaguna Kementrian PANRB, Jakarta Selatan.

Menteri PANRB Asman Abnur menyampaikan penghargaan tersebut sebagai upaya percepatan kualitas pelayanan publik di Indonesia yang dianggap sangat baik setelah memperoleh rekomendasi positif dari masyarakat pengguna unit pelayanan publik tersebut.

Ini berdasarkan amanat UU No.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana Kementerian PANRB memiliki tugas untuk melaksanakan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik katanya di lokasi, Kamis pagi (2/3)

Menurutnya Kota Yogya dinilai telah memberikan pelayanan publik terbaik se Indonesia dan telah ditetapkan sebagai role model wilayah Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri PANRB RI Nomor 191 Tahun 2016.

“Penilaian untuk menetapkan Kota Yogya sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik kita lakukan secara komperhensif, mulai dari standar pelayanannya, kemudian prosedurnya menyulitkan atau memudahkan, dan yang tidak kalah penting kita lakukan survey kepuasan masyarakat katanya.

Dari situ, lanjutnya, masyarakat akan memberikan penilaian pada sebuah unit pelayanan, dan menjadi bahan pertimbangan pihak Kementerian PANRB untuk melakukan penilaian.

Ia menyampaikan bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Kementerian PANRB.

Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para kepala daerah dan unit penyelenggara pelayanan publik yang memiliki komitmen tinggi dalam kualitas pelayanan publik didaerahnya ungkapnya.

Selain itu, katanya, pemberian penghargaan tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong kota dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia untuk mengikuti jejak Kota Yogya yang menjadi role model dalam memberikan pelayanan publik yang prima.

Ia berharap dengan adanya pemberian penghargaan ini, Kota Yogya dapat memberikan contoh bagi daerah lainnya, agar pelayanan publik pada daerah akan semakin baik dan kepercayaan publik terhadap pemerintah akan lebih baik kedepannya.

Sementara itu Sekda Kota Yogya, Titik Sulastri mengungkapkan prestasi tersebut merupakan hasil kerja sama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh masyarakat Kota Yogya.

Kebersamaan masyarakat dan Pemkot mampu menciptakan penyelenggaraan kerjasama yang baik, dan akhirnya mengantarkan Kota Yogya meraih penghargaan dalam hal pelayanan publik terbaik katanya usai menerima penghargaan.

Ia menambahkan jika penghargaan tersebut disamping akan memberikan kepercayaan diri atas kinerja Pemkot Yogya, juga akan dijadikan tantangan ke depan bagi Pemkot Yogya untuk selalu meningkatkan kualitas kinerjanya dan mempertahankannya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat

Ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Kota Yogya, karena selama ini masyarakat Kota Yogya telah mendukung dengan baik atas semua kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkot Yogya. Selama itu pula seluruh jajaran pegawai Pemkot Yogya telah melaksanakan kinerjanya dengan baik dalam melayani masyakarakat katanya

Ia berharap dengan penghargaan tersebut akan selalu menjadi motivasi Pemkot Yogya dan masyarakat agar dapat meningkatkan dan mempertahankan dukungan terhadap program yang dilaksanakan pemerintah. (Han)