Photo : Khairunisah Andini

Atraksi wisata bregada keprajuritan Yogyakarta merupakan sebuah agenda rutin yang diadakan Dinas Pariwisata. Acara yang dimulai pukul 15.00 tersebut diikuti oleh 200 prajurit yang terdiri dari 10 kelompok keprajuritan. 10 Kelompok tersebut meliputi pasukan Wirapraja, Daeng, Patang Puluh, Jagakarya, Prawiratama, Nyutra, Ketanggung, Mantrijero, Bugis, Surakrasa. Atraksi wisata bregada yang diadakakan Minggu (18/6) dibuka dengan sambutan dari ?Ir. Aris Riyanta, M.Si Kepala Dinas Pariwisata dan Drs. H GBPH Yudhaningrat MM atau yang erat disapa Gusti Yudha sebagai perwakilan dari Kraton Yogyakarta.

Acara yang di gelar di Alun Alun Selatan Karton Yogyakarta tersebut juga dimeriahkan dengan hiburan dari Musik Keratif Sastrajendra dan Musik Religi Jamus Kalimasada. Rute keberangakatan prajurit tersebut dimulai dari Pracimosono ? belok kiri ke Jl Rotowijayan ? belok kanan ke Jl Rotowijayan ? belok kiri Jl Ngasem ? pertigaan Pasar Ngasem belok kiri Jl Polowijan ? belok kanan Jl? Tamanan ? belok kiri Jl Ngadisuryan ? lalu sampai Alun-alun selatan. Sesampainya prajurit di Alun-alun Selatan disambung dengan Sambutan dari ?Ir. Aris Riyanta, M.Si dan ?M.Si Kepala Dinas Pariwisata dan Drs. H GBPH Yudhaningrat MM. Gusti Yudha mengatakan bahwa keprajuritan tidak hanya membantu masa masa sulit Kraton Yogyakarta namun juga membantu masa sulit Bangsa Indonesia. Dari masa penjajahan pada saat Sri Sultan HB I sampai Sri Sultan HB IX saat melawan penjajah.

Jarak yang ditempuh Prajurit? dalam keberangkaan Atraksi Wisata Bregada mencapai 1,5KM. Kepulangan Atraksi wisata Bregada yang melalui Jl langenastran ? belok kiri Jl Gamelan ? Jl Panembahan Mangkurat ? belok kiri Jl Kemitbumen ? Kemudian berhenti di Keben mencapai 1KM. Warga sekitar serta wisatawan antusias menyaksikan Atraksi wisata Bregada.(Tri Dewi Kartini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here